Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PO Bus AKAP Ini Punya Standar Seperti Pesawat, Ada Pramugari Juga

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus antar kota antar provinsi (AKAP) di Indonesia terus bersaing memberikan pelayanan yang maksimal. Salah satunya yaitu ketika ingin memulai perjalanan, ada pengumuman layaknya di kabin pesawat.

Anggota Forum Bismania Indonesia, Dimas Raditya mengatakan, untuk saat ini ada tiga perusahaan otobus (PO) yang melakukan pengumuman sebelum berjalannya bus.

“Tiga PO ini adalah PO Rosalia Indah, PO Muji Jaya, dan PO Mtrans. Dulu PO Wisata Komodi ada juga pengumuman seperti itu, tapi sekarang enggak tahu,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Jumat (2/10/2020).

Untuk PO Rosalia Indah, pengumuman ini biasa langsung diucapkan oleh kru atau kalau di PO Rosalia Indah disebut pramugari atau pramugara. Jadi pramugari menggunakan mikrofon dan dilakukan saat penumpang bus sudah penuh.

Kalau untuk PO Muji Jaya, pengumumannya menggunakan rekaman suara wanita. Begitu juga yang ada di armada PO Mtrans. Namun pada armada Mtrans, terutama Sultan Class dibantu visual melalui video di TV nya.

Pengumuman yang diucapkan meliputi armada dan kelas yang sedang dinaiki, kota tujuan, waktu tempuh, dan fasilitas yang diberikan. Selain itu dijelaskan pula mengenai penggunaan toilet yang hanya bisa untuk buang air kecil dan saat bus berjalan.

Selain itu ada juga himbauan untuk menjaga kebersihan dan barang bawaan. Selanjutnya juga ada yang memberitahu di mana bus akan berhenti untuk melakukan isitrahat dan servis makan untuk penumpang.

Armada Mtrans juga menyertakan daftar aturan yang disimpan di saku belakang kursi penumpang untuk dibaca. Dengan adanya pengumuman seperti ini, ketika naik bus jadi lebih terasa eksekutif layaknya naik pesawat.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/02/164100715/po-bus-akap-ini-punya-standar-seperti-pesawat-ada-pramugari-juga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke