Warna Motor yang Cepat Laku di Bursa Motor Bekas

Kompas.com - 02/10/2020, 14:06 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya di sepeda motor baru, warna juga berpengaruh pada penjualan di bursa seken. Motor dengan warna tertentu lebih cepat terjual ketimbang warna lainnya.

Nugroho Dwi Prastiko, pemilik showroom Mokas Nugroho Motor, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, mengatakan, pada dasarnya konsumen mencari motor yang banyak di jalan atau warna netral.

“Kalau warna favorit pembeli yang umum itu ada warna hitam, merah dan putih,” kata Nugroho kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Harga Motor Sport Naked 150cc Bekas per Awal Oktober 2020

Motor BekasKOMPAS.com/Gilang Motor Bekas

Kecuali katanya, jika merek tersebut punya warna ikonik. Sebut saja Kawasaki dengan warna hijau lime, atau Yamaha dengan warna biru tua, atau Suzuki dengan biru yang lain.

“Misalkan untuk pabrikan Kawasaki kan warna khasnya hijau, jadi yang paling cepat laku ya warna hijau. Kemudian Suzuki itu biru, kalau untuk produk lain warna biru juga kurang laku,” katanya.

Nugroho mengatakan, dari beberapa warna motor warna putih yang lumayan stabil. Dulu warna putih dihindari tapi sekarang banyak dicari.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Tangki Bensin pada Mobil Wajib Dikuras Rutin?

“Sekarang banyak yang suka. Motor kalau warna putih terlihat auranya terpancar. Lebih mewah, awet bersih kecuali orang yang jorok jarang rawat motornya,” katanya.

Kawasaki Ninja 250 2019stanly Kawasaki Ninja 250 2019

Harga lebih mahal

Untuk beberapa varian warna motor punya daya tarik sendiri. Vespa 2-tak contohnya, warna-warna yang jarang di jalan, harganya berpotensi lebih tinggi.

"Misal Vespa Sprint warna orange. Entah di Indonesia waktu itu memang tidak banyak atau selera pada zaman itu tidak favorit, tapi sekarang dicari orang," kata Firdaus Ali, pemakai Sprint.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.