Damri Operasikan Bus Ramah Lansia, Difabel dan Lingkungan di NTB

Kompas.com - 30/09/2020, 17:21 WIB
Bus Damri yang ramah lansia, difabel, dan lingkungan DamriBus Damri yang ramah lansia, difabel, dan lingkungan

JAKARTA, KOMPAS.com – Perum Damri terus menyegarkan atau merevitalisasi angkutan umum dengan memberikan pelayanan yang optimal kepada pengguna jasa transportasi publik. Salah satu yang dilakukan yaitu mendukung Dinas Perhubungan ( Dishub) Provinsi Nusa Tenggara Barat ( NTB).

Dishub Provinsi NTB ingin menjadi operator bus yang ramah lansia, difabel, dan lingkungan untuk rute layanan dalam kota melalui beberapa sekolah luar biasa dan sekolah umum, serta melayani para kaum disabilitas untuk beraktivitas.

Bus dengan sasis Hino RK ini memiliki kapasitas 70 orang, dilengkapi dengan fasilitas tangga hidrolik otomatis dan ruang khusus pengguna kursi roda sebanyak 10 titik. Bus ini memiliki karakteristik torsi yang tinggi sejak putaran rendah, sehingga pemakaian bahan bakar lebih efisien.

Baca juga: Video Viral Seorang Ibu Melawan Arah, Ini Sanksi buat yang Nekat Lawan Arah

Bus Damri yang ramah lansia, difabel, dan lingkunganDamri Bus Damri yang ramah lansia, difabel, dan lingkungan

Waktu keberangkatan dari Pool Damri Sweta Mataram yakni pukul 06.30 WITA dengan waktu tiba di Sekolah Luar Biasa Selagalas pukul 08.00 WITA. Sedangkan untuk rute sebaliknya dari Sekolah Luar Biasa Selagalas yakni pukul 12.00 WITA dengan waktu tiba di Pool DAMRI Sweta Mataram pukul 14.00 WITA.

Untuk tarif dari bus Damri yang ramah lansia, difabel, dan lingkungan yakni gratis. Dishub Provinsi NTB telah bekerja sama dengan DAMRI untuk mengoperasikan bus ramah difabel yang akan mulai beroperasi pada 01 Oktober 2020.

“Damri berharap semoga dengan adanya bus ramah difabel ini dapat memudahkan masyarakat, terutama penyandang disabilitas untuk dapat bermobilitas menggunakan transportasi umum dengan aman dan nyaman,” ucap Harys Kristanto, Komunikasi Korporasi & Protokol Damri dalam siaran resminya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X