Mau Restorasi Yamaha RX-King? Siapkan Dana Minimal Rp 100 Juta

Kompas.com - 30/09/2020, 15:41 WIB
RX-King SE 2003 yang terjual seharga Rp 150 juta instagram.com/@arifkingpriokRX-King SE 2003 yang terjual seharga Rp 150 juta

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor lawas yang pamornya sedang naik biasanya menjadi bahan konsumen otomotif untuk direstorasi, salah satu contohnya adalah Yamaha RX-King.

Beberapa tahun lalu, banyak yang memodifikasi Yamaha RX-King dengan berbagai gaya. Ada yang menggunakan botol larutan sebagai tempat oli samping, hingga memasang knalpot kolong dan tren lainnya.

Namun belakangan ini, tren mulai bergeser. Dengan tingginya harga RX-King yang kondisnya standar atau orisinal, banyak yang mulai membuat RX-King kembali ke kondisi seperti baru lagi.

Baca juga: Biaya Servis Corolla Altis Hybrid sampai 5 Tahun, Per Bulan Rp 400.000-an

Ahmad Arif atau yang dikenal dengan Arif King Priok yang merupakan pedagang jual beli motor lawas di Jakarta Utara mengatakan, kisaran biaya untuk restorasi bisa bervariasi. Tergantung dari suku cadang yang ingin digunakan.

“Kalau untuk restorasi harganya bervariasi, tergantung apa saja yang mau diperbaharui. Tapi kalo kasusnya dari 0, diperbaharui semua mulai dari rangka dan part-partnya mau di restorasi orisinal, itu pasti Rp 100 juta lebih. Enggak mungkin di bawah Rp 100 juta,” ujar Arif saat dihubungi Kompas.com, Rabu (30/9/2020).

Yamaha RX King Cobra Putih 1983 yang dijual dengan harga Rp 125 jutainstagram.com/arifkingpriok Yamaha RX King Cobra Putih 1983 yang dijual dengan harga Rp 125 juta

Baca juga: Jika Relaksasi Pajak Nol Persen Jadi, Begini Strategi Mobil88

Arif melanjutkan, bahkan untuk restorasi motor tua seperti RX-King Cobra 1983 membutuhkan biaya sekitar Rp 150 jutaan.

“Semakin tua semakin mahal, karena part-nya susah dicari. Apalagi jika konsumennya detail, misal kode part-nya harus sama dengan yang orisinal itu bisa sampai Rp 200 jutaan,” katanya.

Meskipun motor 2 sport 2-tak ini sudah disuntik mati alias tidak diproduksi maupun dipasarkan lagi, namun PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) terus memproduksi suku cadangnya.

Bahkan, setelah 11 tahun didiskontinu, komponen RX-King masih tersedia di pasaran.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X