Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Restorasi Yamaha RX-King? Siapkan Dana Minimal Rp 100 Juta

Kompas.com - 30/09/2020, 15:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor lawas yang pamornya sedang naik biasanya menjadi bahan konsumen otomotif untuk direstorasi, salah satu contohnya adalah Yamaha RX-King.

Beberapa tahun lalu, banyak yang memodifikasi Yamaha RX-King dengan berbagai gaya. Ada yang menggunakan botol larutan sebagai tempat oli samping, hingga memasang knalpot kolong dan tren lainnya.

Namun belakangan ini, tren mulai bergeser. Dengan tingginya harga RX-King yang kondisnya standar atau orisinal, banyak yang mulai membuat RX-King kembali ke kondisi seperti baru lagi.

Baca juga: Biaya Servis Corolla Altis Hybrid sampai 5 Tahun, Per Bulan Rp 400.000-an

Ahmad Arif atau yang dikenal dengan Arif King Priok yang merupakan pedagang jual beli motor lawas di Jakarta Utara mengatakan, kisaran biaya untuk restorasi bisa bervariasi. Tergantung dari suku cadang yang ingin digunakan.

“Kalau untuk restorasi harganya bervariasi, tergantung apa saja yang mau diperbaharui. Tapi kalo kasusnya dari 0, diperbaharui semua mulai dari rangka dan part-partnya mau di restorasi orisinal, itu pasti Rp 100 juta lebih. Enggak mungkin di bawah Rp 100 juta,” ujar Arif saat dihubungi Kompas.com, Rabu (30/9/2020).

Yamaha RX King Cobra Putih 1983 yang dijual dengan harga Rp 125 jutainstagram.com/arifkingpriok Yamaha RX King Cobra Putih 1983 yang dijual dengan harga Rp 125 juta

Baca juga: Jika Relaksasi Pajak Nol Persen Jadi, Begini Strategi Mobil88

Arif melanjutkan, bahkan untuk restorasi motor tua seperti RX-King Cobra 1983 membutuhkan biaya sekitar Rp 150 jutaan.

“Semakin tua semakin mahal, karena part-nya susah dicari. Apalagi jika konsumennya detail, misal kode part-nya harus sama dengan yang orisinal itu bisa sampai Rp 200 jutaan,” katanya.

Meskipun motor 2 sport 2-tak ini sudah disuntik mati alias tidak diproduksi maupun dipasarkan lagi, namun PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) terus memproduksi suku cadangnya.

Bahkan, setelah 11 tahun didiskontinu, komponen RX-King masih tersedia di pasaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com