Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barang Langka, Yamaha RX King Cobra 1983 Dijual Rp 125 Juta

Kompas.com - 30/09/2020, 14:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha RX-King saat ini menjadi buruan para kolektor otomotif. Jika kondisinya masih mulus dan orisinal, harga jualnya pun sangat fantastis.

Salah satunya adalah RX-King Cobra tahun 1983 berwarna putih yang dijual seharga Rp 125 juta oleh Ahmad Arif atau dikenal dengan Arif King Priok, pedagang jual beli sepeda motor lawas di Jakarta Utara.

Baca juga: Toyota Donasikan Modifikasi Innova Ambulans untuk Bekasi

Motor yang didapatkan lima tahun yang lalu dari seorang petani di daerah Sumedang, Jawa Barat, itu kondisinya masih full orisinal.

“Motor ini saya dapat sekitar lima tahun lalu, kondisinya memang seadanya, tapi full orisinal karena saya dapat dari seorang petani, bukan orang yang suka atau mengerti motor RX-King,” ujar Arif saat dihubungi Kompas.com, Rabu (30/9/2020).

Arif mengaku, dari awal dirinya tidak berniat menjual motor RX-King Cobra Putih yang sudah menjadi ikonnya. Sebab, RX-King tersebut sudah melekat dengan dirinya sejak awal terjun di dunia RX-King.

“Baru satu tahun ini saya berpikir untuk menjual motor tersebut karena ada hal yang lebih penting dari itu,” kata Arif.

Arif menjelaskan, semua part yang ada di motor RX-King Cobra tahun 1983 itu merupakan orisinal bawaan. Cat masih asli, blok mesin Y1, oversize 50, karburator, serta pelek jari-jari. Semua masih bawaan pabrik.

Motor RX-King Cobra ini memang merupakan koleksi pribadi Arif, dan digunakan sebagai tunggangan hariannya.

Baca juga: Catat, 3 Langkah Mudah Rawat Turbo pada Mesin Mobil

“Masih dalam kondisi yang baik, tidak ada masalah mesin, dan minim perawatan juga. Bahkan, karat pada tangki pun sengaja saya biarkan saja, tidak dicat. Itu justru nilai seninya,” kata Arif.

Menurut Arif, harga yang ditawarkan sepadan, mengingat motor ini termasuk langka dan kondisinya pun masih bagus.

“Sudah ada yang menawar mendekati harga, tapi belum saya lepas,” tutur Arif.

Rekor tertinggi penjualan diraih Arif ketika berhasil menjual RX-King Special Edition buatan 2003 dengan harga Rp 150 juta tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com