Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Pesimistis Target Penjualan Mobil Tahun Ini Bisa Tercapai

Kompas.com - 29/09/2020, 18:11 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Toyota Astra Motor (TAM) memperkirakan penjualan mobil tahun ini tidak bisa mencapai target yang telah ditetapkan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sebanyak 600.000 unit.

Direktur Pemasaran PT (TAM) Anton Jimmi Suwandy, mengatakan, dengan melemahnya ekonomi nasional karena dampak Covid-19, target yang ditetapkan Gaikindo bakal sulit terwujud.

Apalagi menurut Anton, penjualan mobil pada sepanjang Januari sampai Agustus tahun ini juga masih di bawah harapan.

Baca juga: Aturan Baru, Mobil dan Motor Berusia 3 Tahun di DKI Wajib Uji Emisi

Mobil-mobil produksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, saat tiba di dermaga Car Terminal,  Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (10/6/2015). Mobil-mobil ini akan diekspor ke sejumlah negara, antara lain di Timur Tengah.KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES Mobil-mobil produksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, saat tiba di dermaga Car Terminal, Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (10/6/2015). Mobil-mobil ini akan diekspor ke sejumlah negara, antara lain di Timur Tengah.

“Prediksi akhir tahun memang susah-susah gampang di tengah pandemi ini untuk memberikan semacam forecast,” ucap Anton, dalam konferensi virtual, Selasa (29/9/2020).

“Seperti yang dilihat, beberapa bulan belakangan memang tidak sesuai dengan harapan untuk mencapai 600.000 unit. Jadi rasanya mungkin di bawah itu,” katanya.

Seperti diketahui, berdasarkan data Gaikindo pada periode Januari-Agustus 2020 penjualan mobil secara retail baru mencapai 364.043 unit.

Baca juga: Toyota Urban Cruiser, Kembaran Vitara Brezza Dijual dari Rp 160 Jutaan

Auto2000 Glodok PlazaKOMPAS.com/Ruly Auto2000 Glodok Plaza

Jumlah ini menurun dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 679.263 unit atau sekitar 46,4 persen.

Sementara untuk angka distribusi dari pabrik ke diler pada delapan bulan tahun pertama ini juga menurun drastis mencapai 323.507 unit. Atau turun 51,3 persen atau sebanyak 664.134 unit pada Januari-Agustus 2019.

Menurut Anton, tentu kita semua masih harus melihat data perkembangan penjualan pada September hingga Desember mendatang.

“Tapi seperti yang kita lihat di beberapa bulan belakangan memang tidak sesuai harapan untuk mencapai 600.000 unit. Jadi rasanya mungkin akan berada di bawah 600.000 unit,” tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com