Perlukah Pemotor Kurangi Tekanan Udara Ban Saat Hujan?

Kompas.com - 24/09/2020, 10:22 WIB
Ilustrasi berkendara saat hujan motorcyclenews.comIlustrasi berkendara saat hujan

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa pengendara sepeda motor mengurangi tekanan udara pada ban saat hujan, melintasi genangan air, atau jalan yang licin. Upaya ini dilakukan demi mendapatkan traksi lebih baik.

On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk, Zulpata Zainal, mengatakan, mengurangi tekanan ban memang membuat permukaan ban menjadi lebih lebar, tapi perilaku ini tidak dibenarkan.

“Banyak mengurangi tekanan ban karena secara fisik ban jadi lebih lebar dan dianggap mampu menggigit aspal dengan baik. Ini justru salah kaprah,” ujar Zulpata saat dihubungi Kompas.com, Rabu (23/9/2020).

Baca juga: Cara Mitsubishi Manjakan Pemilik Xpander Lawas

Sebab, jika ban kurang udara maka pola tapak ban yang menyentuh jalan jadi berubah. Padahal alur pada tabak ban tersebut punya tugas krusial yaitu memecah dan membuang air pada saat ban melintas.

Ilustrasi berkendara saat hujanfederaloil.co.id Ilustrasi berkendara saat hujan

Selain itu, saat ban kekurangan udara maka tekanan ban menekan air juga berkurang. Berbeda dengan ban yang memiliki tekanan udara normal, ban mampu menyingkirkan air dari atas permukaan aspal.

Baca juga: Motor Sport Lebih Ideal Pakai Ban Radial

“Jika tekanan dikurangi maka yang terjadi ban kekurangan contract patch saat menembus air hujan. Akibatnya ban malah tidak menggigit aspal dan kondisinya membahayakan,” tutur Zulpata.

Zulpata menambahkan, mengurangi tekanan angin ban baik di permukaan basah maupun kering sebetulnya sangat tidak dianjurkan karena banyak memiliki dampak negatif.

“Banyak kerugiannya, diantaranya stabilitas jadi turun, handling jadi terasa berat, kemampuan pengereman menurun, lebih boros BBM, dan bisa menyebabkan kerusakan ban akibat defleksi berlebihan,” katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X