Asal Cuci Mobil Malah Bisa Bikin Bodi Lecet

Kompas.com - 20/09/2020, 10:01 WIB
Ilustrasi mencuci mobil PurestockIlustrasi mencuci mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu perawatan eksterior mobil adalah dengan mencucinya. Namun, kegiatan membersihkan kotoran ini juga tidak bisa asal dilakukan.

Jika tidak benar dalam membersihkannya, malah berpotensi bikin bodi mobil malah lecet. Sayangnya, tidak semua pemilik mobil memahami hal tersebut.

Baca juga: Cuci Mobil Sendiri, Sebaiknya dari Bagian Atas atau Bawah Dahulu?

Robby Kurnia, CEO Autoglaze Indonesia, mengatakan, cara paling benar adalah langsung membersihkan kotoran yang menempel pada bagian bodi dengan sabun atau sampo khusus ditambah semprotan air.

Ilustrasiautolavaggioeuropa Ilustrasi

"Kalau langsung dilap begitu saja, kotoran yang menempel itu akan membuat bodi mobil menjadi baret," ujar Robby, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Robby menambahkan, bersihkan bodi mobil dengan cairan khusus sampai menyeluruh. Setelah itu, bisa mengelap sambil menyemprotkan air lagi ke permukaan bodi mobil.

"Tahap terakhir, bisa dilap sampai kering dan disarankan untuk menggunakan kap microfiber karena halus dan tidak membuat bodi mobil menjadi baret kecil," kata Robby.

Baca juga: Waktu yang Tepat Cuci Mobil Warna Hitam atau Gelap

Christopher Sebastian, CEO Makko Group Indonesia, juga pernah mengatakan hal serupa. Menurutnya, hindari langsung membersihkan kotoran pada bodi mobil tanpa menggunakan air atau cairam khusus untuk mobil. Sebab, permukaan bodi akan cepat lecet atau baret

"Sebaiknya memang dibilas dulu seluruh permukaan bodi mobil, setelah itu bisa juga menggunakan sabun atau shampo khusus untuk membuat mobil menjadi lebih bersih," ujar Christopher.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X