Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Asal Cuci Mobil Malah Bisa Bikin Bodi Lecet

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu perawatan eksterior mobil adalah dengan mencucinya. Namun, kegiatan membersihkan kotoran ini juga tidak bisa asal dilakukan.

Jika tidak benar dalam membersihkannya, malah berpotensi bikin bodi mobil malah lecet. Sayangnya, tidak semua pemilik mobil memahami hal tersebut.

Robby Kurnia, CEO Autoglaze Indonesia, mengatakan, cara paling benar adalah langsung membersihkan kotoran yang menempel pada bagian bodi dengan sabun atau sampo khusus ditambah semprotan air.

"Kalau langsung dilap begitu saja, kotoran yang menempel itu akan membuat bodi mobil menjadi baret," ujar Robby, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Robby menambahkan, bersihkan bodi mobil dengan cairan khusus sampai menyeluruh. Setelah itu, bisa mengelap sambil menyemprotkan air lagi ke permukaan bodi mobil.

"Tahap terakhir, bisa dilap sampai kering dan disarankan untuk menggunakan kap microfiber karena halus dan tidak membuat bodi mobil menjadi baret kecil," kata Robby.

Christopher Sebastian, CEO Makko Group Indonesia, juga pernah mengatakan hal serupa. Menurutnya, hindari langsung membersihkan kotoran pada bodi mobil tanpa menggunakan air atau cairam khusus untuk mobil. Sebab, permukaan bodi akan cepat lecet atau baret

"Sebaiknya memang dibilas dulu seluruh permukaan bodi mobil, setelah itu bisa juga menggunakan sabun atau shampo khusus untuk membuat mobil menjadi lebih bersih," ujar Christopher.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/20/100100315/asal-cuci-mobil-malah-bisa-bikin-bodi-lecet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke