Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Carry Dongkrak Penjualan Suzuki Sepanjang 2020

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski kondisi masih lesu dampak pandemi Covid-19, namun sepanjang Januari hingga Agusutus 2020, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengklaim berhasil memimpin peningkatan pangsa pasar mobil dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Suzuki berhasil mencatatakan peningkatan pangsa pasar tertinggi pada pasar nasional sebesar 2,6 persen, dari 9,82 persen year-on-year (YoY) Januari-Agustus 2019 menjadi 12,42 persen di periode 2020 untuk penjualan ritel.

Dominasi pertumbuhan pasar Suzuki bukan dipimpim oleh segmen mobil penumpang, melainkan kendaraan niaga ringan, yakni New Carry pikap yang berkontribus hingga 53 persen terhadap penjualan ritel nasionl atau 23.856 unit. Bahkan pangsa pasar Carry selama 8 bulan di 2020 juga naik 10 persen dibandingkan tahun lalu menjadi 61 persen.

Sementara pada Agustus lalu, Carry pikap tembus menjadi mobil terlaris di Indonesia dengan penjualan ritel sebanyak 3.111 unit dan pangsa pasar low pikap sebesar 66 persen.

Menurut Direktur Pemasaran Roda Empat PT SIS Donny Saputra, kongisi tersebut membuktikan Carru pikan diakui sebagai kendaraan komersial yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dan terus mendorong kegiatan ekonomi agar tetap berkembang meskipun di tahun ini terdampak pandemi.

"Tahun ini, pasar otomotif Indonesia cukup ketat dan menantang, namun kami berusaha memberikan produk dan pelayanan terbaik meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19. Peningkatan pangsa pasar Suzuki di 2020 yang dipimpin New Carry Pick Up ini membuktikan Suzuki menawarkan produk yang unggul dan sesuai kebutuhan masyarakat sehingga tetap menjadi pilihan pelanggan," ucap Donny dalam keterangan resminya, Jumat (18/9/2020).

Tak hanya Carry, model berikutnya yang ikut berkontribusi adalah Ertiga. MPV murah buatan dalam negeri tersebut sukses terjual 6.870 unit atau 15 persen sepanjang Januari hingga Agustus, berikutnya XL7 sebanyak 5.095 unit atau 11 persen.

Model-model unggulan Suzuki lainnya seperti Karimun Wagon R, New Ignis, New Baleno, dan Jimny juga berkontribusi positif terhadap total penjualan ritel selama tahun 2020.

Pada Agustus, data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) mencatatkan adanya pertumbuhan penjualan otomotif dengan angka sebesar 37.655 unit untuk ritel. Suzuki sendiri berhasil mencatatkan kontribusi yang positif dengan pangsa pasar mencapai 14 persen 5.259 unit.

"Kami berterima kasih atas kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap produk-produk Suzuki. Peningkatan pangsa pasar ini mendorong kami untuk terus berkontribusi terhadap pasar otomotif dan perekonomian nasional dengan menghadirkan produk berkualitas," kata Donny.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/19/102200115/carry-dongkrak-penjualan-suzuki-sepanjang-2020

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke