Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Recall Lagi Innova dan Fortuner, Kali Ini Terkait Selang Rem

Kompas.com - 25/08/2020, 13:11 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah beberapa waktu lalu mengumumkan penarikan kembali terkait fuel pump, kini PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali menginformasikan recall bagi Innova dan Fortuner terkait komponen brake vacuum hose alias selang rem.

Unit yang terdampak masalah selang vacuum rem ini adalah Innova dan Fortuner yang diproduksi pada periode Agustus 2019.

Kendati demikian tidak disebutkan berapa total yang terdampak masalah baru ini.

Henry Tanoto, Vice President Director TAM, menyebut bila recall ini sejalan dengan inisiasi secara global Toyota Motor Corporation yang dilakukan distributor Toyota di dunia, termasuk di Tanah Air.

Baca juga: Ada Masalah Fuel Pump, Toyota Recall Kijang Innova dan Fortuner

"Kami mempunyai komitmen kuat dalam menghadirkan “Peace of Mind” dan “Total Ownership Experince” bagi pelanggan dengan selalu memberikan layanan aftersales terbaik dan memastikan bahwa kendaraan milik pelanggan dalam kondisi prima," ucap Henry dalam keterangan resminya, Minggu (23/8/2020).

All New Toyota Fortuner VRZ 4X4 menjajal medan offload di kaki Gunung Merapi, Sleman, DIY, Rabu (29/5/2019).KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO All New Toyota Fortuner VRZ 4X4 menjajal medan offload di kaki Gunung Merapi, Sleman, DIY, Rabu (29/5/2019).

"Untuk itu, kami sangat anjurkan agar pemilik Kijang Innova dan Fortuner dengan produksi Agustus 2019 segera mengecek kendaraannya demi kenyamanan dan keselamatan berkendara," kata dia.

Sayang, informasi lebih detail mengenai permasalahan apa yang dialami pada selang rem tersebut belum dijelaskan.

Namun Henry meminta konsumen untuk memberikan atensi besar pada program perbaikan yang dilakukan, lantaran masalah yang terjadi agak sulit untuk dideteksi sendiri dan rem merupakan komponen vital pada kendaraan.

Pengecekan terhadap unit yang terdampak bisa ditempuh konsumen pemilik Fortuner dan Innova dengan beragam cara.

Mulai secara digital melalui situs resmi atau langsung menyambangi bengkel-bengkel resmi Toyota terdekat.

Baca juga: Toyota Recall Prius dan Corolla Hybrid, Bagaimana di Indonesia?

Selain itu, metode pemeriksaan dan perbaikan kendaraan untuk kampanye ini juga dapat dilakukan melalui layanan Toyota Mobile Service, yang dapat datang langsung ke tempat pelanggan.

Toyota Innova Venturer menjadi tipe tertinggi dan termahal.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Toyota Innova Venturer menjadi tipe tertinggi dan termahal.

Untuk mendapatkan pelayanan TMS, pelanggan disarankan untuk melakukan booking terlebih dahulu untuk mengecek ketersediaan layanan TMS.

Sementara bagi pelanggan yang ini melakukan proses penggantian di bengkel juga demikian, agar bengkel bisa mempersiapkan stall, teknisi, dan parts yang akan diganti terlebih dahulu.

Seluruh proses pengecekan maupun penggantian komponen tidak dikenakan biaya apapun, alias gratis.

Sedangkan untuk proses pengerjaannya sendiri, diprediksi akan memakan waktu sekitar 2 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com