Kebiasaan yang Bikin Aki Motor Cepat Soak

Kompas.com - 16/09/2020, 19:21 WIB
Ilustrasi aki motor IstimewaIlustrasi aki motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Aki memiliki peran yang cukup krusial bagi motor-motor keluaran terbaru. Efeknya bisa tiba-tiba motor mati dan tidak bisa dihidupkan. Makin repot adalah ketika terjadi di tengah rutinitas yang padat.

Banyak ragam yang mengakibatkan aki soak lebih cepat dari masa pakai. Salah satunya adalah perangai atau kebiasaan biker yang kurang tepat saat menggunakan motor.

“Masalah aki itu terletak pada siklus hidup aki di mana proses pengisian (charge) dan keluar daya (discharge) berjalan terus. Biasanya masalah timbul saat salah satu proses ini belum sempurna,” ujar Kepala Mekanik AHASS Daya Adicipta Motor (DAM) Wahyudi saat dihubungi Kompas.com, Rabu (16/9/2020).

Baca juga: BMW Motorrad Akan Luncurkan G 310 RR di Akhir Tahun

Saat motor dinyalakan, aki bertugas menggerakan starter motor untuk menghidupkan mesin. Kala proses berlangsung, aki kehilangan daya cukup besar.

Ilustrasi berkendara ISTIMEWA Ilustrasi berkendara

Ketika motor digunakan, saat itulah proses pengisian daya berlangsung. Namun sering kali saat aki belum terisi penuh, motor sudah selesai digunakan.

Bila mesin tidak cukup waktunya mengisi aki, di mana arus masuk lebih kecil daripada arus keluar saat starter, maka aki bisa rusak atau tekor.

Baca juga: Tes Resmi Sukses, Dovi Siap Pertahankan Klasemen

“Logikanya mirip dengan baterai telepon seluler. Jika kita kebiasaan isi sampai 80 persen, maka saat kita isi sampai 100 persen daya yang terisi hanya sampai pada kemampuan 70 persen tersebut. Itu prinsip baterai termasuk aki,” kata Wahyu.

Sebagai upaya pencegahan, baiknya pemilik motor tidak lupa untuk melakukan perawatan terhadap sepeda motornya secara berkala. Semakin sering perawatan motor dilakukan maka pengecekan kondisi aki juga akan dilakukan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X