Apa Betul Ban Truk Bias Lebih Kuat Angkut Beban Overload?

Kompas.com - 16/09/2020, 11:02 WIB
Truk penuh muatan parkir di Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang, Babel, Senin (22/6/2020). KOMPAS.com/HERU DAHNURTruk penuh muatan parkir di Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang, Babel, Senin (22/6/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com – Ban kendaraan niaga seperti truk memiliki dua konstruksi, yaitu bias dan radial. Kemudian, kebanyakan truk yang beroperasi di Indonesia berstatus  over dimension over loading ( ODOL).

Dari dua jenis konstruksi ban truk, model apakah yang lebih tahan akan overload?

Independent Tire Analyst dan Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Bambang Widjanarko mengatakan, ban bias memang terbukti lebih tahan untuk overtonase.

Baca juga: Pidana dan Denda, Jadi Sanksi Pesepeda yang Terobos Tol Jagorawi

Ban trukmarissban.com Ban truk

“Selain tahan untuk truk overload, ban bias juga tahan dengan jalan rusak dan minim perawatannya,” kata Bambang kepada Kompas.com, Selasa (15/9/2020).

Namun ban bias yang digunakan untuk truk overload kurang cocok bagi yang ingin menghemat pemakaian ban. Jika ingin mengejar panjangnya usia kilometer ban, gunakan ban radial tubeless.

Baca juga: PO Rajawali Citra Transport Rilis Bus Baru Karoseri New Armada

Ban truk radial tubeless itu bukan untuk muatan berlebih atau overload, tapi untuk mengejar panjangnya usia kilometer. Kemudian ban radial juga mengurangi dampak merusak pada jalan,” ucap Bambang.

Namun ban radial tekanan udaranya lebih sensitif dan harus tinggi jika dibanding dengan ban bias. Selain itu, perawatan ban radial juga harus diperhatikan, berbeda dengan ban bias yang minim perawatan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X