Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Ini Bila Klakson Motor Mulai Sember

Kompas.com - 30/08/2020, 18:12 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Klakson memiliki tugas cukup penting pada sepeda motor, fungsinya sebagai alat komunikasi antar kendaraan serta bisa meminimalkan risiko berkendara.

Seperti komponen lainnya, klakson juga membutuhkan perawatan. Kendati demikian, tidak sedikit pemilik motor yang melupakan hal ini, sehingga suara klakson menjadi sember, mengecil atau soak.

Penyebab klakson tidak nyaring disebabkan oleh beberapa faktor, kasus umum yang paling banyak terjadi karena kondisi aki sudah lemah, sehingga bunyi klakson yang dihasilkan ikut soak.

Baca juga: Deretan Pilihan Mobil Double Cabin di Indonesia

Namun pada beberapa kasus, pemilik kendaraan yang sudah mengganti akinya masih mendapati suara klakson yang soak. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Pemasangan klakson aftermarket pada Honda Vario 125.Febri Ardani/KompasOtomotif Pemasangan klakson aftermarket pada Honda Vario 125.

Kepala Bengkel Honda AHASS Daya Motor Cibinong, Asep Suherman, mengatakan, jika aki sudah ganti baru dan suara klakson masih soak maka perlu dilakukan pengecekan secara menyeluruh.

“Langkah awal jika memang klaksonnya soak kita coba setel dulu di klaksonnya. Tapi jika sudah di setel tapi bunyinya tetap tidak seperti biasanya berarti klaksonnya memang harus diganti,” ujar pria yang akrab disapa Herman kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Bukan Suzuki, tapi Sizuka GS250X Skinny Chopper

Untuk mengecek kondisi klakson cukup mudah, Herman melanjutkan, hanya perlu buka baut di klakson dan kemudian tekan tombol klakson di setang. Jika saat tombol ditekan dan baut diputar suaranya nyaring berarti klakson masih sehat.

“Tapi jika klakson tidak ada masalah baru kita cek ke komponen lain. Bisa dari tombol klaksonnya atau rangkaian kabel yang terhambat yang menyebabkan arus tidak sepenuhnya sampai ke klakson,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com