Aprilia Tuono V4 X, Jauh Lebih Beringas

Kompas.com - 30/08/2020, 15:28 WIB
Aprilia Tuono V4 X Aprilia Tuono V4 X
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Aprilia melansir motor sport baru berjuluk Tuono V4 X. Motor ini merupakan versi telanjang atau half naked dari Aprilia RSV4 X yang meluncur lebih dulu beberapa waktu lalu.

Sama seperti RSV4 X, Aprilia Tuono V4 X juga dijual terbatas. Meski demikian pabrikan belum melansir rinci berapa unit yang tersedia. Satu yang pasti motor ini dikhususkan untuk penggunaan di sirkuit.

Aprilia Tuono V4 X Aprilia Tuono V4 X

Baca juga: Deretan Pilihan Mobil Double Cabin di Indonesia

Berbeda dengan Tuono V4 1100 Factory versi jalan raya, maka Tuono V4 X ini lebih beringas dari segala aspek mulai dari bagian eksterior hingga spesifikasi teknis.

Perbedaan pertama ialah adanya sayap besar di fairing depan. Sayap berbahan karbon itu diadopsi dari motor balap Aprilia RS-GP yang dipakai Aleix Espargaro di MotoGP.

Aprilia Tuono V4 X Aprilia Tuono V4 X

Aprilia mengklaim tambahan sayap tersebut membuat motor lebih aerodinamis. Sayap yang dihiasi tulisan Aprilia besar itu juga meningkatkan stabilitas pada kecepatan tinggi, pengereman atau saat membuka gas.

Baca juga: Ini Biaya Resmi Penerbitan STNK Baru

Aprilia Tuono V4 X Aprilia Tuono V4 X

Selain itu seluruh bodi termasuk fairing semi telanjangnya semua berbahan karbon sehingga ringan. Kekuatannya juga dijamin lebih baik ketimbang yang versi jalan biasa.

Motor ini mempunyai skema warna hitam, merah, kuning, ungu muda dan putih yang juga terinspirasi livery klasik 'Bol d'Or', yang pernah digunakan di Aprilia RSV1000R saat balap ketahanan 2006.



Sumber motorcycle
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X