Awal Mula Ornamen LED Dipasang pada Lampu Bus

Kompas.com - 28/08/2020, 16:40 WIB
Bus Neoplan Hisyam_2542 BlogspotBus Neoplan

JAKARTA, KOMPAS.com – Tampilan bus saat ini semakin modern. Misalnya dengan menggunakan ornamen LED seperti alis di lampu depan dan lampu belakang yang juga sudah full LED.

Ornamen LED yang ada di lampu depan bus memang meningkatkan tampilan bus. Adanya LED bar berwarna putih yang juga berfungsi sebagai lampu sein, bisa dibilang mirip dengan day-time running light (DRL) mobil modern.

Lalu sebenarnya siapa yang memulai tren memasang ornamen lampu LED ini pada bus?

Baca juga: Urus Pajak Kendaraan 5 Tahunan Ada Biaya Tambahan, Ini Rinciannya

Bus MarcopoloFuntrip Bus Marcopolo

Anggota Forum Bismania Indonesia, Dimas Raditya mengatakan, penggagas dari penggunaan lampu LED sebagai ornamen pemanis dilakukan oleh karoseri Adiputro pada tahun 2006.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kalau tidak salah, bodi yang mulai memakai lampu variasi LED pada saat Adiputro membuat Setra Smile, sekitar tahun 2006,” kata Dimas kepada Kompas.com, Jumat (28/8/2020).

Ornamen LED pada bodi Setra Smile pun terkesan simpel, hanya berupa titik-titik putih yang berada pada bagian tengah, di antara lampu kanan dan kiri. Begitu juga pada lampu belakang Setra Smile yang ada ornamen LED berwarna merah.

Baca juga: Bagini Respon Andre Taulany Usai Jajal Toyota Innova TRD Sportivo

“Untuk yang pertama mulai pakai ornamen LED di lampu belakang juga Setra Smile. Ada variasi di bagian tengah yang menyambungkan lampu belakang kiri dan kanan,” ucap Dimas.

Kemudian setelah bodi Setra Smile, Adiputro melanjutkan penggunaan ornamen LED di bagian depan bus dengan bodi Marcopolo. Ornamen LED pada bodi Marcopolo dipasang pada bagian samping dan berwarna biru.

“Jadi lampu LED berwarna biru ada di pasang pada bagian samping lampu kanan dan kiri. Kemudian juga ada yang dipasang pada bagian tengah LED birunya,” kata dia.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.