Simak Cara Aman Mendahului Kendaraan di Jalan Tol, Wajib Lewat Kanan

Kompas.com - 28/08/2020, 09:12 WIB
Ilustrasi menyalip. KOMPAS.com / StanlyIlustrasi menyalip.
|

JAKARTA, KOMPAS.comMendahului kendaraan di depan merupakan kegiatan yang biasa dilakukan para pengendara. Meskipun terkesan sepele, menyalip mobio atau sepeds motor ternyata tidak bisa sembarangan.

Seperti yang terjadi di tol Cipali belum lama ini, sebuah bus yang menyalip lewat bahu jalan harus bertabrakan dengan truk yang tengah berhenti darurat di bahu jalan. Kecelakaan ini tak hanya membuat kerugian materi, tapi juga nyawa yang melayang.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, mengatakan, menyalip kendaraan harus dari sebelah kanan.

Baca juga: Bagini Respon Andre Taulany Usai Jajal Toyota Innova TRD Sportivo

Ilustrasi menyalip truk Foto: Quora Ilustrasi menyalip truk

Alasannya karena arah depan dan belakang lebih mudah terlihat pengemudi. Selain itu, Indonesia menganut setir kanan, sehingga aturan menyalip kendaraan juga dari kanan.

“Karena sisi kiri merupakan tempat bagi kendaraan yang berjalan lebih lambat,” ujar Sony, kepada Kompas.com (26/8/2020).

Sementara itu, Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan, mengatakan, sebelum menyalip kendaraan pengemudi harus memperhatikan beberapa hal.

Baca juga: Toyota New Hilux Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 241 Jutaan

Fenomena menyalip dari Kiri di jalur Pantura saat Komprasi Jalur Trans Jawa Fenomena menyalip dari Kiri di jalur Pantura saat Komprasi Jalur Trans Jawa

“Pastikan diperbolehkan, pastikan diperlukan, dan pastikan aman,” ucap Marcell kepada Kompas.com pada kesempatan yang sama.

Menurutnya, pengemudi wajin memastikan tidak ada kendaraan dari belakang yang ingin mendahului. Selain itu pastikan juga kendaraan di depan cukup jauh, agar kita memiliki jarak aman.

“Pastikan juga pengemudi yang didahului mengetahui kalau kita mau mendahuluinya, dan pastikan kendaraan kita mampu,” kata Marcell.

Kalau semua persyaratan itu bisa dipenuhi, silakan ambil sein ke arah kanan. Dan kalau kosong segera menyalip dengan kecepatan yang cukup, tidak usah terlalu ngebut agar mobil tetap terkontrol.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X