Buntut GP Styria, Pebalap MotoGP Pertanyakan Kinerja Stewards

Kompas.com - 28/08/2020, 13:11 WIB
Pol Espargaro disebut sudah melanggar aturan karena keluar dari trek di MotoGP Styriaa. (Photo by Joe Klamar / AFP) JOE KLAMARPol Espargaro disebut sudah melanggar aturan karena keluar dari trek di MotoGP Styriaa. (Photo by Joe Klamar / AFP)
|

SPIELBERG, KOMPAS.com - Kinerja FIM Stewards MotoGP mulai dipertanyakan oleh para pebalap. Hal ini terjadi setelah banyaknya insiden pada dua seri terakhir yakni di GP Austria dan GP Styria.

Hal pertama ialah soal keputusan FIM Stewards yang menghukum Zohann Zarco balapan dari pit lane. Keputusan itu dianggap terlalu lunak setelah dia membahayakan Franco Morbidelli di GP Austria.

Kedua yakni keputusan FIM Stewards tidak memberikan sanksi kepada Pol Espargaro di GP Styria dan tetap meraih podium ketiga. Padahal di tikungan akhir dia menginjak green zone saat bertarung dengan Jack Miller.

Joan Mir saat berlaga di MotoGP StyriaJoan Mir Joan Mir saat berlaga di MotoGP Styria

Hal itu sempat dimasalahkan oleh Suzuki, yakni Joan Mir. Dia merasa FIM Stewards tidak adil, padahal sebelumnya di Moto2, podium Jorge Martin dianulir karena hal yang sama.

Baca juga: Astra Otoparts Siap Produksi Komponen Kendaraan Listrik

Selain Mir, ada beberapa pebalap yang mulai buka suara soal kinerja para stewards, yang dibentuk pada 2016, akibat perselisihan antara Valentino Rossi dan Marc Marquez di Sirkuit Sepang 2015.

"Saya akan mengatakan itu bukan pekerjaan mudah yang mereka lakukan, tapi saya kurang percaya dengan Stewards," kata Johann Zarco setelah diberikan penalti start dari pit lane di GP Styria.

Aleix Espargaro menggunakan helm Shark saat berlaga di GP Catalunya 2019.motogp.com Aleix Espargaro menggunakan helm Shark saat berlaga di GP Catalunya 2019.

“Menurutku mereka bukan orang yang tepat di tempat yang tepat. Harusnya orang lain yang berada di sana," kata Zarco mengutip Motorsport.com, Jumat (28/8/2020).

Pebalap tim pabrikan Aprilia, Aleix Espargaro, juga mengatakan hal serupa. Pebalap Spanyol itu berujar pekerjaan Stewards tidaklah mudah, tetapi merasa banyak hal perlu ditingkatkan.

“Saya memiliki banyak keraguan tentang panel Stewards, saya pikir kami dapat meningkatkan banyak hal. Saya tidak setuju dengan banyak hal. Tapi itu tidak tergantung pada saya," katanya.

Danilo Petrucci akan pensiun dari MotoGP jika kontraknya tidak diperpanjang Ducati.motogp.com Danilo Petrucci akan pensiun dari MotoGP jika kontraknya tidak diperpanjang Ducati.

“Yang pasti saya bisa mengerti bahwa itu tidak mudah bagi mereka, tapi bagi saya juga tidak mudah untuk mencoba menempatkan Aprilia di 10 besar, itu tidak mudah bagi teknisi saya, tidak mudah bagi istri saya untuk menjadi seorang ibu," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Sumber Motorsport
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X