Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Royal Enfield Flying Flea, Motor Perang yang Bisa Terbang

Kompas.com - 27/08/2020, 18:31 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Royal Enfield punya andil yang tidak sedikit dalam Perang Dunia 2. Sebab Royal Enfield memasok banyak sepeda motor untuk para tentara Inggris di masanya.

Salah satu motor paling penting di era perang ialah Royal Enfield WD 125Flying Flea’. Motor berjuluk Kutu Terbang ini merupakan cerita sukses motor yang dipakai pihak militer.

Nama Kutu Terbang diberikan bukan tanpa sebab. Flying Flea diterjunkan ke garis depan dengan cara dijatuhkan dari pesawat menggunakan parasut dan alat pelindung khusus seperti kerangkeng.

Baca juga: Jangan Sembarangan Cuci Ruang Mesin Mobil

Royal Enfield Flying FleaFoto: Crazyvehicle Royal Enfield Flying Flea

Memang banyak motor yang dipakai di garis depan saat perang. Tapi hanya Flying Flea yang bisa dikirim jauh hingga ke garis belakang pertahanan musuh oleh pasukan penerjun.

Flying Flea bisa diterjunkan dari pesawat memang karena dimensinya mungil. Panjangnya tak sampai dua meter yakni hanya 191 cm dan lebar 66 cm dengan bobot kering 59 kg.

Baca juga: Berikut Perilaku yang Bisa Menggugurkan Garansi Resmi Mobil

Royal Enfield Flying Flea Royal Enfield Flying Flea

Adapun jantungnya dibekali mesin 2-tak 125cc bertenaga 3,5 tk pada 4.500 rpm dan punya top speed 72 kpj. Tenaga hasil pembakaran ditransfer pakai transmisi 4-percepatan.

Saat perang, Flying Flea digunakan untuk pengintaian, komunikasi dan sebagai alat angkut tentara. Tugasnya penting karena harus 'tahan banting' dipakai di medan perang.

Royal Enfield Classic 500 PegasusFoto: Istimewa Royal Enfield Classic 500 Pegasus

Karena kecil tentara bisa membopongnya dengan tangan. Motor juga bisa dipanggul jika melewati parit atau sungai kecil. Meski dimensinya kecil keunggulannya ialah bisa membawa beban yang berat.

Sebagai penghormatan kepada Flying Flea, pada 2018 Royal Enfield kemudian melansir Classic 500 Pegasus yang terinspirasi dari WD 125. Jumlahnya pun terbatas hanya 1.000 unit di seluruh dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com