Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aksesoris Buat Ban Motor yang Bikin Tampilan Jadi Retro

BOGOR, KOMPAS.com – Ban motor merupakan salah satu komponen yang bisa dimodifikasi. Dengan mengganti ukuran dan modelnya saja bisa mengubah tampilan motor secara menyeluruh.

Salah satu yang bisa dilakukan pada ban motor agar terlihat klasik yaitu memakai model white wall, atau dinding ban yang berwarna putih. Namun jika ingin membeli ban motor tipe white wall, harganya bisa lebih mahal daripada ban biasa.

Namun bagi yang ingin lebih ekonomis, ada solusinya yaitu dengan menambahkan lis ban berwarna putih yang banyak dijual di pasaran. Jadi lis putih ini dipasangkan ke ban sehingga memberikan kesan klasik pada motor.

Pemilik bengkel modifikasi Rangkuti Motor di Bogor, Sammy Rangkuti mengatakan, lis ban ini terbuat dari karet dan bisa dipasang pada ban dengan ukuran 10, 14, 17, dan 18 inci.

“Proses pemasangannya yaitu dipress dengan ban, jadi tidak menggunakan lem. Caranya ban dan pelek harus dicopot dahulu, lalu lisnya dipasang dan isi lagi tekanan udaranya,” kata Sammy kepada Kompas.com, belum lama ini.

Sammy menyarankan agar dipasang oleh orang yang sudah biasa, agar hasilnya pas. Kalau kurang baik pemasangannya, lis bisa jadi bergelombang, kurang sempurna hasilnya. Kemudian, bahannya yang dari karet juga membuat masa pakainya tidak terlalu lama.

“Masa pakainya bisa enam bulanan. Kalau dipakai harian, terkena hujan dan panas, karetnya bisa getas, jadi masa pakainya lebih cepat lagi,” ucap Sammy.

Untuk harganya, masih bisa didapatkan di bawah Rp 100.000, jadi masih ekonomis. Rinciannya, untuk pelek 17 inci Rp 65.000 dan untuk ukuran lainnya Rp 75.000. Harga tersebut mendapatkan dua set, untuk ban depan dan belakang.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/26/122200915/aksesoris-buat-ban-motor-yang-bikin-tampilan-jadi-retro

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke