Pasang Rem ABS Motor, Bisa Dilakukan Sendiri?

Kompas.com - 24/08/2020, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem pengereman Anti-lock braking system (ABS) saat ini sudah menjadi salah satu fitur umum yang disematkan pada sepeda motor.

Dengan ABS, membuat fungsi rem tetap bekerja dan mendeteksi kecenderungan roda mengunci sehingga membuat motor tetap terkendali saat pengendara melakukan pengereman penuh dalam berbagai kondisi.

Semakin banyak motor baru yang sudah mengusung teknologi ABS, mendatangkan tanda tanya apakah fitur tersebut bisa diaplikasikan sendiri layaknya komponen aftermarket otomotif lainnya.

Menjawab pertanyaan ini, Technical Service Divison PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno mengatakan, bila perangkat ABS tidak bisa diaplikasikan sendiri atau diluar pemasangan resmi dari pabrikan.

Baca juga: Hasil Klasemen Usai MotoGP Styria, Oliveira Geser Morbidelli

Sistem ABS di sepeda motorStanly/Otomania Sistem ABS di sepeda motor

“Pemasangan ABS memerlukan suatu program khusus, sebab terintegrasi juga dengan ECU pada motor, jadi tidak bisa diaplikasikan sendiri. Hanya bisa dilakukan oleh orang yang memiliki keahlian tersendiri,” ujar Endro saat dihubungi Kompas.com, Minggu (23/8/2020).

Baca juga: Menang MotoGP Styria, Miguel Oliveira Bawa Pulang BMW M4

Endro melanjutkan, pada dasarnya ABS terdiri dari dua komponen, yakni modul dan sensor yang bertugas untuk membaca putaran roda. Kedua terkoneksi dengan ECU yang tentunya saat dipasang membutuhkan program sendiri.

Tidak hanya itu saja, ABS juga memiliki banyak komponen dan teknologi lain, sehingga tidak memungkinkan untuk dipasang sendiri. Apalagi berkaitan dengan sensor-sensor lainnya.

“Jadi memang kompleks, bukan hanya karena alatnya saja. Namun juga berkaitan dengan komponen kelistrikan lain yang butuh penyesuaian saat dipasang,” tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.