Toyota Fortuner Pimpin Pasar Mobil Juli 2020, Xpander Kalahkan Avanza

Kompas.com - 18/08/2020, 13:45 WIB
All New Toyota Fortuner VRZ 4X4 menjajal medan offload di kaki Gunung Merapi, Sleman, DIY, Rabu (29/5/2019). KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOAll New Toyota Fortuner VRZ 4X4 menjajal medan offload di kaki Gunung Merapi, Sleman, DIY, Rabu (29/5/2019).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Fortuner berhasil memimpin pasar otomotif kendaraan bermotor roda empat di dalam negeri pada periode Juli 2020, mengalahkan Toyota Avanza dan Honda Brio.

Capaian tersebut, menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia ( Gaikindo), seiring dengan pertumbuhan penjualan positif Fortuner yang mencapai 82 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Volume penjualan dari pabrik ke diler (wholesales) sport utility vehicle (SUV) menengah andalan Toyota Indonesia ini ialah sebanyak 1.667 unit, hampir menyamai penjualan rata-ratanya sebelum pandemi.

Baca juga: Pasar Otomotif Kembali Menggeliat di Juli 2020, Berikut Merek Terlaris

Pertarungan sengit Xpander dan Avanza di segmen LMPV.ILUSTRASI BACKGROUND-FREEVIRTUALSET.com Pertarungan sengit Xpander dan Avanza di segmen LMPV.

Sementara penjualan Brio dan Avanza yang biasanya berada di puncak daftar mobil terlaris, hanya terhenti di angka 1.223 unit dan 1.108 unit. Kendati demikian, mereka masih berada di peringkat lima besar.

Menariknya, walau mengalami pertumbuhan yang cukup, Avanza harus merelakan posisi teratas kendaraan keluarga terlaris ke Mitsubishi Xpander.

Adapun rival terberat Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, saat ini berada di peringkat ke-6 dengan angka penjualan 703 unit, naik 54 persen dibanding periode Juni 2020.

Untuk diketahui, secara keseluruhan capaian wholesales di Juli 2020 mampu mencapai angka 25.283 unit, tumbuh 100,3 persen dari bulan sebelumnya.

Baca juga: Perlengkapan Wajib Jika Sering Mengemudi Malam Hari

Ekspedisi Jejak Pendaki Semeru juga menjadi ajang pembuktian produk Mitsubishi Pajero Sport dan Triton melewati beragam jenis jalan di wilayah pegunungan BromoKompas.com/Kristianto P Ekspedisi Jejak Pendaki Semeru juga menjadi ajang pembuktian produk Mitsubishi Pajero Sport dan Triton melewati beragam jenis jalan di wilayah pegunungan Bromo

Namun torehan ini masih jauh rata-rata dari penjualan normal atau sebelum pandemi. Pada periode sama tahun lalu, produsen terkait mampu mencapai angka wholesales 89.578 unit.

Berikut ini daftar 10 mobil terlaris Juli 2020:

1. Toyota Fortuner 1.667 unit

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X