Rasa Sentuhan Sporty dan Futuristik Kabin Civic Hatchback RS

Kompas.com - 18/08/2020, 09:22 WIB
Honda Civic Hatchback RS KOMPAS.COM/STANLY RAVELHonda Civic Hatchback RS
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya visual luar, Honda juga ikut membenamkan nuansa sporty pada bagian kabin Civic Hatchback RS. Menariknya, tema agresif tersebut juga dipadankan dengan sentuhan elegan dan futuristik.

Dari segi tata letak ruang memang tak ada yang berubah, semua masih sama dengan varian S dan E yang kini tak lagi dipasarkan. Namun, ada beberapa sentuhan baru untuk menegaskan aura sporty di dalam kabinnya.

Pertama dari sentuhan warna gelap dari bahan kulit sintetis yang membungkus semua lapisan joknya. Tak sampai disitu, kelir hitam tadi juga dipadankan dengan detail jahitan merah khas mobil sport yang berada pada beberapa sektor, mulai dari bungkus kemudi, jok, tuas transmisi, konsol tengah, sampai door lining-nya.

Baca juga: Sensasi Type R di Tubuh Civic Hatchback RS

Model kemudi yang nyaman digangam terasa makin mantab ditemani dengan beberapa tombol fungsi untuk mengontrol beberapa fitur. Pada sebelah kiri, terdapat pengaturan audio dan koneksi ponsel, sementara di sebelah kanan, terdapat akses untuk aktivasi cruise control.

Honda Civic Hatchback RSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda Civic Hatchback RS

Kesan sporty ditunjukan dengan hadirnya tuas paddle shift di belakang kemudi yang bisa memudahkan pengendara memiliki akses penuh menguasai perpindahan gigi secara manual.

Apalagi makin terasa dengan hadirnya speedometer yang membentang di balik kemudi, selain menampilkan ragam informasi, sentuhan futuristik juga diberikan dengan tampilan layar yang sudah serba digital.

Honda juga mengaplikasi beberapa fitur baru pada Civic Hatchback RS. Mulai dari Auto Dimming Rear View Mirror yang berguna untuk menekan pantulan cahaya berlebih dari mobil di belakang agar pengendara bisa tetap memiliki visibilitas yang baik, serta perangkat hiburan baru berupa layar sentuh 7 inci yang sudah terkoneksi dengan smartphone baik untuk Andorid ataupun iOS.

Tepat di area tuas transmisi, terdapat beberapa tombol fungsi yang bisa digapai dengan tangan pengendara, mulai dari tombol Econ, Brake Hold, sampai hand brake elektrik. Untuk pedal gas dan rem juga diberikan sentuhan sporty dengan permainan material lapisan krom.

Honda Civic Hatchback RSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda Civic Hatchback RS

Posisi duduk pengendara sudah cukup nyaman dengan jok model sport yang terasa membungkus tubuh pengendara saat berkendara. Selain itu, jok pun telah didukung dengan pengaturan delapan arah secara elektrik.

Soal sisi ergonimis tak perlu diragukan lagi. Honda mendesain fokus kenyamanan bagi pengendara sehingga semua panel fungsi disajikan dengan sisi ergonomis yang tinggi dan mudah dijangkau tangan pengendara.

Honda Civic Hatchback RSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda Civic Hatchback RS

Bicara kelapangan, baris pertama dan kedua masih jauh dari kata sempit. Bahkan, dengan desain atap yang melandai penumpang dewasa masih nyaman duduk di bagian belakang.

Meskipun terdapat ventilasi AC, namun bila digunakan untuk berpergiaan jarak jauh dengan waktu tempuh yang lumayan lama, akan membuat penumpang di baris kedua cepat merasa bosan. Apalagi sandaran jok juga tak bisa diatur tingkat kemiringannya.

Baca juga: [VIDEO] Review Honda Civic Hatchback RS

Salah satu fitur mewah lainnya yang diberikan adalah Smart Key yang telah dilengkapi one push ignisiton system yang berfungsi mengunci, membuka, hingga menyalakan mesin, sampai mengaktifkan AC secara otomatis.

Honda Civic Hatchback RSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda Civic Hatchback RS

Dengan demikian, pemilik tak hanya bisa memanaskan mesin dari luar kendaraan, tapi juga mendinginkan ruangan lebih dulu sehingga saat masuk, kabin sudah terasa sejuk dan siap digunakan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X