Geber Honda Civic Hatchback RS, Tak Sulit Sentuh 100 Kpj

Kompas.com - 20/02/2020, 18:42 WIB
Honda Civic Hatchback RS HPMHonda Civic Hatchback RS
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Nuansa agresif Honda Civic Hatchback RS, rupanya tak hanya sekadar pada visualnya saja. Saat diberi kesempatan menjajal langsung sensasi berkendara ke kawasan Tangerang, momen ini Kompas.com manfaatkan mengeksplor kembali tenaganya.

Seperti diketahui, meski sudah mendapatkan aero kit baru, namun urusan dapur pacu masih sama dengan model sebelumnya. Honda Civic Hatchback RS dibekali mesin berkode L15B7 dengan kubikasi 1.500 cc turbo dan Earth Dreams Technology.

Berdasarkan data, mesin tersebut mampu menyalurkan tenaga ke roda depan sebesar 173 PS atau setara 170,6 tk pada putaran 5.500 rpm dan torsi 220 Nm dari 1.700 sampai 5.500 rpm. Sistem tranfer tenaganya pun sudah dijembati oleh transmisi CVT 7 percepatan.

Baca juga: Bedah Nuansa Agresif Honda Civic Hatchback RS

Honda Civic Hatchback RSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda Civic Hatchback RS

Saat mengendari Civic Hatchback RS di ruas Tol Jakarta-Tangerang, redaksi bersama dua rekan wartawan lainnya langsung menjajal tiap putaran tenaganya.

Tak perlu lama bagi mesin turbo mengolah tenaga dan membawa Civic Hatchback RS melesat pada kecepatan 120 kpj, hanya dalam hitungan detik. Bahkan bisa lebih bila kondisi jalan memang benar-benar memadai.

Hampirr tak ada gejala delay dari tiap tenaga yang disalurkan. Tapi mengingat ruas yang kami gunakan merupakan jalan umum, tak etis rasanya untuk mengeber habis hatchback sporty ini.

Honda Civic Hatchback RSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda Civic Hatchback RS

Sekilas tenaga yang dilontarkan memang cukup responsif. Begitu kaki menginjakan pedal gas, asupan udara dari turbo langsung disalurkan dengan cepat ke ruang bakar, hal ini berimbas pada percepatan tenaga yang dengan mudah terakselerasi.

Baca juga: Doping Sporty Interior Honda Civic Hatchback RS

Melesat kencang dengan Civic Hatchback RS juga memberikan pengalaman tersendiri, pasalnya rancang bangun desain ditambah dengan sistem suspensi yang mempuni, serta adanya dual pinion electric power steering (EPS) mampu memberikan handling yang sangat baik.

Honda Civic Hatchback RSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda Civic Hatchback RS

Hasilnya, mobil dengan dimensi compact ini pun sangat lincah untuk diajak bermanuver ketika menyalip beberapa kendaraan. Sensasi fun to drive yang dihadirkan benar-benar bukan hisapan jempol.

Untuk yang ingin benar-benar merasakan lebih dalam lagi soal performanya, silakan geser tuas transmisi pada posisi S dan kendalikan sendiri perpindahan gigi melalui paddle shift yang ada di balik kemudi. Namun hal ini baiknya tidak dilakukan di jalan umum.

Baca juga: Ini Arti Emblem RS di Mobil Honda, Banyak yang Kecele

Honda Civic Hatchback RSHPM Honda Civic Hatchback RS

Menariknya, Honda tetap menyematkan fitur efesiensi bahan bakar melalui tombol ECON. Seperti diketahui, fitur tersebut berguna untuk memberikan efesiensi bahan bakar terbaik dengan mengontrol drive by wire untuk melakukan beberapa penyesuaian.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X