Mengenal Sasis Bus dengan Mesin Tengah, Volvo B12M

Kompas.com - 17/08/2020, 09:42 WIB
Volvo B12M awansan.comVolvo B12M

JAKARTA, KOMPAS.com – Sasis yang biasa digunakan pada bus besar yaitu dengan mesin di belakang maupun di depan. Namun ada satu sasis yang unik, memiliki posisi mesin yang ada di bagian tengah, diantara ban depan dan belakang.

Sasis mesin tengah ini dibuat oleh Volvo model B12M. Anggota forum Bismania Indonesia, Dimas Raditya mengatakan kalau sasis bus besar bermesin tengah ini merupakan satu-satunya di Indonesia.

Volvo B12M ini memiliki mesin diesel dengan kapasitas 12.000 cc, 6 silinder segaris dengan turbocharger dan intercooler. Dari mesinnya tersebut, tenaga maksimal yang dihasilkan yaitu 420 HP di 1.800 rpm dan torsi maksimum 2.000 nm pada 1.200 rpm.

Baca juga: Perang Urat Petrucci dan Aleix di Kualifikasi GP Austria

Volvo B12Mawansan.com Volvo B12M

Sasis ini pertama kali muncul pada tahun 2005 dan dimiliki oleh PO Nusantara asal Kudus. Keunggulan dari sasis ini yaitu mesinnya yang di tengah membuat lebih stabil saat bermanuver. Namun akses untuk perawatannya akan lebih sulit.

Selain memiliki mesin yang sangat bertenaga di zamannya, banyak juga fitur yang sudah disematkan pada Volvo B12M ini. Misalnya seperti suspensi udara, anti-lock braking system (ABS) dan retarder sebagai pembantu rem utama.

Baca juga: Mitsubishi Eclipse Cross, SUV Kompak Berlimpah Fitur

Keunikan lainnya yaitu bus ini digunakan oleh PO Nusantara sebagai bus pariwisata dengan kabin yang super mewah, diberi nama Omah Mlaku. Bodi yang dipasang pada Volvo B12M ini membutuhkan tiga tahun untuk dibuat.

Lamanya proses pembuatan bodi disebabkan sasis mesin tengah ini yang pertama di Indonesia, sehingga butuh pengawasan ekstra dari pabrikan Volvo agar menjadi bodi yang aman untuk sasis unik ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.