Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Sasis Legendaris Mercedes Benz 1521 Kuler

Kompas.com - 14/08/2020, 17:16 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBus antar kota antar provinsi (AKAP) maupun antar kota dalam provinsi (AKDP) tentunya memakai sasis bus yang kuat. Hal ini dikarenakan jarak tempuhnya yang jauh serta membawa beban yang berat.

Ada satu sasis legendaris yang banyak dikenal dengan sebutan Kuler, yaitu Mercedes Benz OH 1521 Intercooler. Berdasarkan namanya, sasis ini kuat mengangkut beban sampai 15 ton dan memiliki tenaga 210 HP.

Sasis ini awal keluar pada tahun 1996 sebagai penerus sasis OH 1518 “King”. Hebatnya Mercy Kuler, masih ada perusahaan otobus yang memakai sasis ini sampai sekarang sebagai armadanya. Hal ini menunjukkan betapa bandel mesin dan kenyamanan dari Mercy Kuler.

Baca juga: Hampir Rampung, Tol Bogor Ring Road Sudah Tembus sampai Semplak

sasis bus ladderawansan.com sasis bus ladder

Anggota Forum Bismania Indonesia, Dimas Raditya mengatakan, sasis buatan Jerman ini memang nyaman dan andal di berbagai model jalanan.

“Suspensinya nyaman, mesin cukup bertenaga, teknologinya belum terlalu canggih. Jadi mekanik sendiri bisa melakukan perbaikan,” kata Dimas kepada Kompas.com, Jumat (14/8/2020).

Walaupun masih menggunakan per daun, namun kenyamanannya masih tidak kalah dengan sasis per daun yang baru. Kemudian soal performanya, Mercy Kuler masih bisa bersaing dengan bus-bus baru di jalan tol.

Baca juga: 10 Mobil Bekas Rp 25 Jutaan, Bisa Dapat BMW Lawas

“Performanya masih cukup, asal enggak kebut-kebutan saja. Tenaganya harus ngurut, enggak bisa spontan, jadi bawanya harus halus,” ucap Dimas.

Kemudian bus ini juga andal melewati jalan yang kurang baik kondisinya. Bahkan PO ALS masih menggunakan sasis ini untuk melewati lintas Sumatera. Hal ini didukung dengan sasisnya yang masih memakai model ladder frame.

Keuntungan lain dari sasis ladder frame yaitu proses yang lebih mudah saat ingin mengganti bodi bus. Bodi bus yang lama bisa diangkat kemudian dipasang bodi yang baru. Tidak begitu rumit seperti sasis modular atau space frame yang banyak beredar saat ini.

Mercy 1521imotorium.com Mercy 1521

Walaupun sudah memakai bodi yang baru, Mercy Kuler ini bisa dicirikan dari bentuk setirnya yang sangat besar. Kemudian Mercy Kuler masih menggunakan rem tromol di keempat as rodanya dan sudah full air brake.

Mercy Kuler dihentikan produksinya pada tahun 2004. Sasis penerus dari legenda ini yaitu OH 1525 yang sudah menggunakan mesin baru serta dibantu sistem elektrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com