Sirkuit Portimao Disebut Super Sulit buat MotoGP

Kompas.com - 13/08/2020, 15:01 WIB
Sirkuit Portimao Snaplap.netSirkuit Portimao

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP Portugal resmi menjadi seri penutup musim ini dan akan digelar di Sirkuit Portimao. Uniknya, banyak pebalap yang menilai sirkuit ini sangat sulit.

Sirkuit Portimao belum pernah digunakan untuk mengadakan MotoGP. Hanya kejuaraan World Superbike (WSBK) saja yang menjadikan sirkuit ini sebagai salah satu tuan rumah. Sedikit sekali pebalap yang pernah merasakan balapan di sana.

Baca juga: Rossi Sebut Sirkuit Portimao Portugal Seperti Roller Coaster

Pebalap LCR Honda Cal Crutchlow pernah merasakan balapan di sirkuit tersebut saat masih berada di World Supersport dan WSBK di 2008 hingga 2010.

Sirkuit PortimaoIstimewa Sirkuit Portimao

Menurutnya, Sirkuit Portimao adalah yang terbaik di dunia jika menggunakan motor 600 cc. Tapi, jika menggunakan motor yang lebih besar, maka lain lagi ceritanya.

"Saya pernah merasakan balapan di Sirkuit Portimao, tapi itu 11 tahun yang lalu. Saya tak sabar untuk bisa ke sana, karena permukaannya sudah diaspal lagi," ujar Crutchlow, dikutip dari Motorsport.com.

Crutchlow menambahkan, dirinya tidak yakin pengalamannya di trek tersebut akan memberikan perubahan. Sebab, menurutnya semua pebalap bisa mempelajari trek secara cepat. Meskipun, treknya sangat sulit dipelajari.

Baca juga: Kalender MotoGP 2020 Bertambah, Portimao Jadi Seri Pamungkas

Sedangkan pebalap Aprilia Aleix Espargaro, juga pernah mencoba sirkuit tersebut dengan motor biasa bersama Alex Rins pada Juni lalu. Menurutnya, sirkuit ini tak hanya sulit, tapi juga keamanannya mencapai batas untuk MotoGP.

"Saya mencobanya dengan motor jalanan standar Aprilia, dan saya menghabiskan dua jam pertama hanya untuk mempelajari trek," kata Aleix.

Menurut Aleix, sulit untuk mempelajari di mana harus akselerasi dan di mana harus melakukan pengereman. Meski treknya menyenangkan, tapi Aleix berpendapat tanjakan dan turunan di sirkuit cukup berbahaya bagi motor MotoGP karena terlalu agresif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber Motorsport
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.