Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hilangkan Karat pada Tangki Motor Bisa Pakai Cuka

Kompas.com - 13/08/2020, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu persoalan pemilik sepeda motor adalah tangki bahan bakar yang berkarat. Sebab, bisa membuat kinerja mesin terganggu lantaran menumpuk pada saringan bensin atau masuk ke sistem injeksi atau karburator.

Lantas, bagaimana cara mengatasi bila tangki motor sudah terlanjur berkarat? Sebelum karat tersebut menimbulkan kebocoran ada cara tersendiri buat membersihkan bagian dalam tangki yang berkarat.

Kepala Bengkel Mekar Bintaro, Adih, menjelaskan, kerak karat pada tangki dapat dihilangkan. Caranya cukup mudah, pertama-tama tangki harus dilepas dari motor. Kemudian, kuras tangki hingga kosong tanpa ada tersisa bensin di dalamnya. Setelah itu, isi tangki tersebut dengan air cuka hingga penuh.

Baca juga: Hindari Kebiasaan Cuci Motor Setelah Pulang Kerja

“Diamkan seharian, setelah itu bilas dan kocok tangki pakai bensin. Kemudian, kuras sampai bersih dan kering,” ujar Adih saat dihubungi Kompas.com.

Tangki bensin dan bagasi Revo FI Tangki bensin dan bagasi Revo FI

Adih melanjutkan, tangki bensin yang sudah dibersihkan itu juga bisa dilapisi dengan cairan pelapis lantai. Menurut Adih, cairan tersebut aman digunakan pada tangki dan dapat mencegah terjadinya korosi.

Baca juga: Mengisi BBM Tak Sesuai Rasio Kompresi Sebabkan Kerusakan?

Pemilik kendaraan tinggal isi cairan pelapis lantai ke dalam tangki bensin. Lalu, kocok tangki bensin agar cairan melapisi bagian dalam tangki secara merata.

“Setelah tangkinya dikocok-kocok sampai kira-kira merata, lalu sisa cairannya dibuang. Jangan sampai ada yang mengendap atau menggumpal,” tutur Adih.

Setelah kering, pasang kembali tangki bensin dan motor pun siap digunakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.