Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hilangkan Karat pada Tangki Motor Bisa Pakai Cuka

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu persoalan pemilik sepeda motor adalah tangki bahan bakar yang berkarat. Sebab, bisa membuat kinerja mesin terganggu lantaran menumpuk pada saringan bensin atau masuk ke sistem injeksi atau karburator.

Lantas, bagaimana cara mengatasi bila tangki motor sudah terlanjur berkarat? Sebelum karat tersebut menimbulkan kebocoran ada cara tersendiri buat membersihkan bagian dalam tangki yang berkarat.

Kepala Bengkel Mekar Bintaro, Adih, menjelaskan, kerak karat pada tangki dapat dihilangkan. Caranya cukup mudah, pertama-tama tangki harus dilepas dari motor. Kemudian, kuras tangki hingga kosong tanpa ada tersisa bensin di dalamnya. Setelah itu, isi tangki tersebut dengan air cuka hingga penuh.

“Diamkan seharian, setelah itu bilas dan kocok tangki pakai bensin. Kemudian, kuras sampai bersih dan kering,” ujar Adih saat dihubungi Kompas.com.

Adih melanjutkan, tangki bensin yang sudah dibersihkan itu juga bisa dilapisi dengan cairan pelapis lantai. Menurut Adih, cairan tersebut aman digunakan pada tangki dan dapat mencegah terjadinya korosi.

Pemilik kendaraan tinggal isi cairan pelapis lantai ke dalam tangki bensin. Lalu, kocok tangki bensin agar cairan melapisi bagian dalam tangki secara merata.

“Setelah tangkinya dikocok-kocok sampai kira-kira merata, lalu sisa cairannya dibuang. Jangan sampai ada yang mengendap atau menggumpal,” tutur Adih.

Setelah kering, pasang kembali tangki bensin dan motor pun siap digunakan.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/13/112200415/hilangkan-karat-pada-tangki-motor-bisa-pakai-cuka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke