Toyota Recall Prius dan Corolla Hybrid, Bagaimana di Indonesia?

Kompas.com - 12/08/2020, 17:41 WIB
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota melakukan kampanye penarikan kembali buat perbaikan atau recall untuk dua sedan hibridanya di Australia, yakni Prius dan Corolla. Total yang terdampak sebanyak 5.965 unit.

Jumlah tersebut terdiri dari, 5.118 unit Corolla Hybrid lansiran 2015 hingga 2018, sementara untuk sisanya dialami olah 847 unit Toyota Prius yang diproduksi pada 2014-2015.

Melansir Caradvice, recall Prius dan Corlla Hybrid dilakukan setelah Komisi Persaingan dan Konsumen Australia (ACCC) menjelaskan sistem hibrida dari kedua model tersebut dapat mati sepenuhnya saat mendeteksi adanya kesalahan atau kegagalan komponen.

Baca juga: Toyota Luncurkan All New Corolla Cross

Toyota juga ikut memberikan pernyataan soal masalah tersebut dengan menjelaskan bila dalam kondisi tertentu, kesalahan pada perangkat lunak bisa membuat kendaraan kehilangan daya sepenuhnya.

Spesifikasi lengkap All New Toyota Corolla Altis 2019Stanly Spesifikasi lengkap All New Toyota Corolla Altis 2019

Hal tersebut membuat kendaraan akan seolah-olah mobil berada pada posisi transmisi netral, namun untuk komponen lainnya seperti pengendalian dan pengereman masih tetap bisa bekerja.

Lalu bagaimana dengan nasib Prius dan Corolla Hybrid yang dipasarkan di Indonesia? Karena seperti diketahui keduanya juga dipasarkan di Tanah Air yang unitnya dikirim dari Thailand.

Baca juga: [VIDEO] Perdana Jajal Toyota All New Corolla Cross Hybrid

Toyota Prius Hybrid.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Toyota Prius Hybrid.

Menjawab hal tersebut, Direktur Pemasaran Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, hanya memberikan komentar bila pihaknya sampai saat ini masih dalam pengecekan.

"Untuk recall Prius dan Corolla, saat ini kami masih dalam pengecekan lebih dulu terdampak atau tidaknya," kata Anton kepada Kompas.com, Rabu (12/8/2020).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.