Kompas.com - 09/08/2020, 15:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Akhir pekan bisa diisi dengan kegiatan ringan yang bermanfaat. Salah satunya ialah merawat saklar di sepeda motor.

Sebab meski sering digunakan banyak yang abai mengenai piranti ini. Padahal posisi saklar yang berada di setang membuatnya cukup rentan.

Baca juga: Custom Honda Dax Chopper

Saklar selalu terkena air saat mencuci atau saat hujan dan juga terpapar sinar matahari, sehingga lambat laun jadi seret saat digunakan.

Cukup semprotkan cairan penetran untuk bikin saklar sepeda motor tidak seretKompas.com/Donny Cukup semprotkan cairan penetran untuk bikin saklar sepeda motor tidak seret

"Biasanya suka agak seret saat digunakan, makanya, perlu juga dilakukan perawatan. Biasanya seret karena muncul karat putih di soketnya," katanya Asep Suherman, Kepala Bengkel Honda, AHASS Daya Motor Cibinong, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Caranya pun cukup mudah, Herman mengatakan cukup menyemprot cairan penetran agar kembali normal. Semprotkan disbagian seperti saklar lampu sein, klakson, dan kunci kontak.

Baca juga: Mulai Besok, Pelanggar Ganjil Genap Kena Tilang Rp 500.000

"Cukup disemprot dari celah yang ada di saklar yang terletak di setang. Tidak perlu dibongkar, karena ada celah untuk penyemprotannya," katanya.

Usai disemprot, jika berlebihan maka usahakan mengelap cipratan atau tetesan cairan penetran dengan lap bersih. Sebab jika dibiarkan bisa terkena debu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.