Rossi Sebut Tim Satelit Kini Semakin Kompetitif di MotoGP

Kompas.com - 09/08/2020, 13:40 WIB
Para pebalap beraksi di MotoGP Andalusia yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (26/7/2020). AFP/JAVIER SORIANOPara pebalap beraksi di MotoGP Andalusia yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (26/7/2020).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Valentino Rossi menyatakan bahwa kini para pebalap di tim satelit mulai menunjukkan kebolehannya di ajang adu kecepatan kendaraan roda dua, MotoGP.

Bahkan pada tahun ini, penguasa klasmen sementara dipegang oleh Fabio Quartararo yang merupakan rekan setim dari Morbidelli di tim satelit Yamaha (Petronas Yamaha SRT).

Kemudian Jack Miller dari Pramac Racing dan Takaaki Nakagami dari LCR Honda juga kerap mencuri perhatian di MotoGP 2020 khususnya dalam sesi latihan bebas.

Baca juga: Quartararo Mengeluh Soal Ban Belakang   

Rossi mengalami masalah teknis di GP Spanyol 2020Yamahamotogp Rossi mengalami masalah teknis di GP Spanyol 2020

Sebagai pebalap senior, Rossi menjelaskan bahwa persaingan antar rider MotoGP semakin kompetitif karena terobosan dari Dorna Sport selaku promotor MotoGP. Termasuk mampu bersaingnya para pebalap satelit pada musim ini.

"Dorna telah bekerja keras dalam beberapa tahun terakhir untuk membuat level kompetisi menjadi lebih baik dan saya mengakui jika terobosan itu berhasil," tuturnya dilansir GPOne, Minggu (9/8/2020).

"Perihal mesin, ban, dan sistem elektronik merupakan semua faktor yang menyebabkan kemajuan ini," lanjut pebalap berjuluk The Doctor itu.

Adanya kebijakan yang memungkinkan pebalap satelit mendapat paket serupa dengan tim pabrikan pun jadi alasan di balik ketatnya persaingan seperti saat ini.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Ceko 2020, Quartararo Tergelincir, Zarco Pole 

Fabio Quartararo (paling atas, kedua dari kanan) dan para rider MotoGP lain berpose jelang musim Kejuaraan Dunia 2019 di MotoGP Qatar, 10 Maret 2019. Tampak pada foto itu Jorge Lorenzo (pebalap paling bawah, ketiga dari kanan) yang merupakan idola Quartararo.AFP/KARIM JAAFAR Fabio Quartararo (paling atas, kedua dari kanan) dan para rider MotoGP lain berpose jelang musim Kejuaraan Dunia 2019 di MotoGP Qatar, 10 Maret 2019. Tampak pada foto itu Jorge Lorenzo (pebalap paling bawah, ketiga dari kanan) yang merupakan idola Quartararo.

Alhasil, kini ada beberapa pebalap satelit yang berhasil menunjukkan kapasitas mereka dan mengalahkan pebalap pabrikan.

"Para pebalap sekarang menjadi jauh lebih profesional. Mereka sering berlatih dan belajar sebelum dimulainya ajang balap," ucap Rossi.

Seiring dengan hal tersebut, tingkat stress pada pebalap menjadi meningkat. Sebab, mereka lebih banyak mendapat tuntutan. Ini juga berlaku bagi pebalap senior yang berada di tim pabrikan.

"Tapi dengan semakin kompetitif ajang balap, penonton yang menyaksikan di rumah juga semakin senang," ujar dia lagi.

Baca tentang


Sumber GPone
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X