Salah Kaprah, Dasbor Mobil Bukan Meja Tempat Barang

Kompas.com - 07/08/2020, 17:21 WIB
Dasbor CX-5 yang tampak jelas dari model sebelumnya. Ghulam/KompasOtomotifDasbor CX-5 yang tampak jelas dari model sebelumnya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Area dasbor mobil bisa dibilang cukup lapang. Untuk itu, banyak pemilik mobil yang memanfaatkannya untuk meletakkan barang-barang.

Padahal, area tersebut cukup penting saat berkendara. Di area ini, pengemudi mengoperasikan mobil dengan penuh konsentrasi.

Baca juga: Bisakah Membersihkan AC Mobil Tanpa Bongkar Dasbor?

Namun, tidak sedikit pengemudi yang tidak membiarkan dasbor tetap dalam kondisi standar. Banyak yang menganggapnya seperti meja dengan menambahkan aksesoris dan ornamem demi menciptakan personalisasi.

Perangkat Mobileye yang terpasang di sisi dasborDonny Apriliananda/KompasOtomotif Perangkat Mobileye yang terpasang di sisi dasbor

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, hadirnya barang-barang tambahan bukan pada tempatnya, bisa mempengaruhi keselamatan berkendara.

“Proses mengemudi pasti akan terganggu. Terutama distraksi ketika benda-benda di dasbor itu bergerak, atau memantulkan warna. Prinsipnya dasbor bukan tempat barang,” ujar Sony, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Sony menjelaskan, desain dasbor zaman dulu lebih bagus. Sebab, bentuknya tidak menyerupai lemari atau meja tempat menaruh barang. Jika ada, posisinya pun tertutup.

Baca juga: Efek Buruk Dasbor Kena Panas Matahari, Ini Perawatannya

Dasbor saat ini yang memiliki bentuk lebar membuat pengemudi menaruh beragam barang di atasnya atau area depan dasbor seperti kisi-kisi AC.

Menurut Sony, kekhawatiran lainnya adalah benda-benda di dasbor akan melukai penumpang dan pengemudi saat terjadi kecelakaan. Aksesori tambahan tersebut dapat terlempar ke arah penumpang dan pengemudi.

“Dasbor itu tempat pengemudi memantau kondisi kendaraan. Ia harus melihat cluster meter, audio, sistem pendingin dan lain-lain. Jadi jangan ditaruh berbagai benda area tersebut apalagi hingga menghalangi jarak pandang,” kata Sony.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X