Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak yang Belum Paham Beda Knalpot Racing Slip On dan Full System

Kompas.com - 07/08/2020, 17:11 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu komponen yang paling banyak diganti oleh pemilik motor adalah bagian knalpotnya. Tak sedikit yang mengganti knalpot standar dengan knalpot racing.

Tujuan dari penggantian ini juga bermacam-macam, mulai dari segi estetika, suka dengan suara yang dihasilkan, hingga ingin meningkatkan performanya.

Baca juga: Knalpot Racing Kawasaki ZX-25R Harganya Setara dengan Nmax

Di pasaran, sudah banyak produsen aftermarket yang menawarkan berbagai macam knalpot racing. Knalpot racing yang dijual biasanya ada dua jenis, yakni slip on dan full system.

Knalpot racing Yoshimura tipe Hepta Force TSS untuk Kawasaki Ninja ZX-25RKMI Knalpot racing Yoshimura tipe Hepta Force TSS untuk Kawasaki Ninja ZX-25R

Hanky Kurniawan, Sales Marketing PT Trivera Jaya, distributor Yoshimura di Indonesia, menjelaskan, slip on itu hanya bagian silencer saja. Jadi, leher atau pipa knalpotnya masih pakai standar pabrik atau bawaan motor.

"Slip on akan memberikan suara Yoshimura yang khas. Tapi, dari segi performa meningkatnya tidak banyak, mungkin sekitar 2 persen atau 3 persen," ujar Hanky, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: 5 Komponen yang Menyebabkan Knalpot Motor 4-tak Keluar Asap Putih

Hanky melanjutkan, jika slip on hanya silencer saja, full system itu satu set dengan pipa knalpotnya. Pipa-pipa ini juga lekukannya dibuat khusus, materialnya juga.

"Jadi, tenaga mesin bisa meningkat sampai 10 persen," kata Hanky.

Dari segi harga juga tentu akan berbeda, knalpot full system akan dibanderol dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan jenis slip on.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com