Ini Perbedaan Fitur Toyota Corolla Cross di Indonesia dan Thailand

Kompas.com - 07/08/2020, 13:41 WIB
Toyota Corolla Cross melewati simulasi banjir TAMToyota Corolla Cross melewati simulasi banjir
|

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan Corolla Cross di Indonesia, pada Kamis (6/8/2020). SUV ini sebelumnya baru melakukan debut global di Thailand pada 9 Juli lalu.

Di Negeri Gajah Putih, Corolla Cross varian teratas dilengkapi dengan fitur keselamatan aktif yang disebut Toyota Safety Sense (TSS) generasi kedua.

Di luar fitur keselamatan umum, TSS terdiri atas Pre-Collision System, Lane Departure Alert with Steering Assist, Dynamic Radar Cruise Control with Lane Tracing System, dan Automatic High Beam.

Baca juga: Operasi Kedua Berhasil, Ini Kata Marquez Usai Operasi

Toyota Corolla CrossTAM Toyota Corolla Cross

Fitur-fitur tersebut bekerja menggunakan kamera dan radar, yang berfungsi memantau kondisi di sekitar mobil, termasuk marka dan rambu lalu lintas.

Sementara gelombang radar berguna mendeteksi jarak benda di depan ataupun belakang mobil.

Berbeda dengan model di Thailand, Corolla Cross di Indonesia rupanya tidak menerapkan fitur-fitur canggih itu.

Baca juga: Jangan Terkecoh Kilometer Rendah Saat Beli Mobil Bekas!

Corolla CrossKompas.com/Dio Corolla Cross

“Corolla Cross CBU dari Thailand, secara spesifikasi ada beberapa perbedaan, karena grade-nya saja kan beda,” ucap Anton Jimmi Suwandy, Direktur Marketing PT TAM, dalam konferensi virtual (6/8/2020).

“Jujur kami Toyota Indonesia masih studi kebutuhan dan penggunaannya di Indonesia. Kami masih pelajari penerimaan pasar terhadap fitur TSS seperti apa, sehingga butuh waktu mengenalkan fitur ini ke model Toyota,” kata Anton.

Untuk diketahui, saat ini Corolla Cross yang dipasarkan di Indonesia tidak dilengkapi dengan fitur TSS. Namun tetap tersedia sejumlah fitur keselamatan aktif.

Baca juga: Ini Alasan Tilang Ganjil Genap Diundur hingga Pekan Depan

Toyota Corolla Cross saat tampil di ajang Bangkok Motor Show 2020bangkok-motorshow.com Toyota Corolla Cross saat tampil di ajang Bangkok Motor Show 2020

Di antaranya rem ABS+EBD, 7 buah airbag, Emergency Brake Signal, Hill Start Assist, dan Vehicle Stability Control.

Meski begitu, absennya sejumlah fitur membuat harga Corolla Cross di Indonesia terbilang lebih murah ketimbang di Thailand.

Bicara soal harga, Corolla Cross dihargai Rp 457,8 juta untuk tipe Gasoline dan Rp 497,8 juta untuk tipe Hybrid.

Sementara itu, harga Corolla Cross di Thailand sekitar 989.000 baht atau sekitar Rp 458 jutaan (tipe 1.8 Sport AT) sampai 1.199.000 baht atau sekitar Rp 551 jutaan (tipe Hybrid Premium Safety).



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X