Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Perbedaan Fitur Toyota Corolla Cross di Indonesia dan Thailand

Kompas.com - 07/08/2020, 13:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan Corolla Cross di Indonesia, pada Kamis (6/8/2020). SUV ini sebelumnya baru melakukan debut global di Thailand pada 9 Juli lalu.

Di Negeri Gajah Putih, Corolla Cross varian teratas dilengkapi dengan fitur keselamatan aktif yang disebut Toyota Safety Sense (TSS) generasi kedua.

Di luar fitur keselamatan umum, TSS terdiri atas Pre-Collision System, Lane Departure Alert with Steering Assist, Dynamic Radar Cruise Control with Lane Tracing System, dan Automatic High Beam.

Baca juga: Operasi Kedua Berhasil, Ini Kata Marquez Usai Operasi

Toyota Corolla CrossTAM Toyota Corolla Cross

Fitur-fitur tersebut bekerja menggunakan kamera dan radar, yang berfungsi memantau kondisi di sekitar mobil, termasuk marka dan rambu lalu lintas.

Sementara gelombang radar berguna mendeteksi jarak benda di depan ataupun belakang mobil.

Berbeda dengan model di Thailand, Corolla Cross di Indonesia rupanya tidak menerapkan fitur-fitur canggih itu.

Baca juga: Jangan Terkecoh Kilometer Rendah Saat Beli Mobil Bekas!

Corolla CrossKompas.com/Dio Corolla Cross

“Corolla Cross CBU dari Thailand, secara spesifikasi ada beberapa perbedaan, karena grade-nya saja kan beda,” ucap Anton Jimmi Suwandy, Direktur Marketing PT TAM, dalam konferensi virtual (6/8/2020).

“Jujur kami Toyota Indonesia masih studi kebutuhan dan penggunaannya di Indonesia. Kami masih pelajari penerimaan pasar terhadap fitur TSS seperti apa, sehingga butuh waktu mengenalkan fitur ini ke model Toyota,” kata Anton.

Untuk diketahui, saat ini Corolla Cross yang dipasarkan di Indonesia tidak dilengkapi dengan fitur TSS. Namun tetap tersedia sejumlah fitur keselamatan aktif.

Baca juga: Ini Alasan Tilang Ganjil Genap Diundur hingga Pekan Depan

Toyota Corolla Cross saat tampil di ajang Bangkok Motor Show 2020bangkok-motorshow.com Toyota Corolla Cross saat tampil di ajang Bangkok Motor Show 2020

Di antaranya rem ABS+EBD, 7 buah airbag, Emergency Brake Signal, Hill Start Assist, dan Vehicle Stability Control.

Meski begitu, absennya sejumlah fitur membuat harga Corolla Cross di Indonesia terbilang lebih murah ketimbang di Thailand.

Bicara soal harga, Corolla Cross dihargai Rp 457,8 juta untuk tipe Gasoline dan Rp 497,8 juta untuk tipe Hybrid.

Sementara itu, harga Corolla Cross di Thailand sekitar 989.000 baht atau sekitar Rp 458 jutaan (tipe 1.8 Sport AT) sampai 1.199.000 baht atau sekitar Rp 551 jutaan (tipe Hybrid Premium Safety).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com