Tilang Ganjil Genap Mulai Berlaku, Hindari Ruas Jalan dan Gerbang Tol Ini

Kompas.com - 06/08/2020, 07:12 WIB
Sejumlah anggota Kepolisian membentangkan spanduk sosialisasi pemberlakuan kembali ganjil genap di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (2/8/2020). Pemprov DKI Jakarta menerapkan kembali aturan ganjil genap bagi kendaraan roda empat saat masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi mulai Senin (3/8/2020) di 25 ruas jalan Ibu Kota. ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYATSejumlah anggota Kepolisian membentangkan spanduk sosialisasi pemberlakuan kembali ganjil genap di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (2/8/2020). Pemprov DKI Jakarta menerapkan kembali aturan ganjil genap bagi kendaraan roda empat saat masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi mulai Senin (3/8/2020) di 25 ruas jalan Ibu Kota.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski masih di tengah pegebluk corona (Covid-19) dan masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB), namun mulai Kamis ini (6/8/2020), aturan ganjil genap untuk mobil pribadi resmi diterapkan dengan hukum yang berlaku.

Artinya, setelah melakukan masa sosialisasi selama tiga hari dari Senin (3/8/2020) lalu, hari ini polisi akan langsung memberikan tilang bagi pengendara mobil pribadi yang melanggar ganjil genap.

Untuk sanksinya berdasarkan Undang Undang Lalu Lintas dan Jalan Raya Nomor 22 Tahun 2009, yakni sebesar Rp 500.000 atau dua bulan penjara. Karena itu, baiknya bila nomor kendaraan tak sesuai dengan tanggal jangan coba-coba untuk melintas area ganjil genap.

Baca juga: Hari Pertama Ganjil Genap, 1.195 Kendaraan Melanggar

Seperti diketahui, ganjil genap yang diberlakukan lagi tak berbeda dengan sebelumnya. Semua masih sesuai dengan Peraturan Gubernur ( Pergub) Nomor 88 Tahun 2019, yakni berlaku dari hari Senin hingga Jumat, mulai dari pukul 06.00 WIB-10.00 WIB dan 16.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Sosialisasi ganjil genap di Jalan D.I. Panjaitan, Jakarta Timur, Senin (3/8/2020)KOMPAS.COM/WALDA MARISON Sosialisasi ganjil genap di Jalan D.I. Panjaitan, Jakarta Timur, Senin (3/8/2020)

Untuk area penerapannya sendiri masih sama, yakni di 25 ruas jalan Ibu Kota. Nah buat terhindar dari zona ganjil genap, maka penting untuk mengetahui daerah mana saja yang terdampak.

Berikut daftar ruas jalan ganjil genap di DKI Jakarta ;

1. Jalan Medan Merdeka Barat

2. Jalan MH Thamrin

3. Jalan Jenderal Sudirman

4. Jalan Jenderal S Parman, mulai simpang Jalan Tomang Raya sampai Jalan Gatot Subroto
5. Jalan Gatot Subroto

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X