Era Pandemi, Pemotor Harus Lebih Rajin Bersihkan Riding Gear

Kompas.com - 04/08/2020, 19:21 WIB
Petugas kepolisian dari direktorat lalu lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menyosialisasikan penerapan sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) untuk kendaraan roda dua atau motor di Simpang Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (3/2/2020). Untuk saat ini sistem ETLE untuk pengendara sepeda motor fokus pada penindakan tiga pelanggaran, yakni penggunaan helm, menerobos traffic light, dan melanggar marka jalan. Penerapan aturan tersebut telah resmi diberlakukan mulai Sabtu (1/2/2020). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPetugas kepolisian dari direktorat lalu lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menyosialisasikan penerapan sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) untuk kendaraan roda dua atau motor di Simpang Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (3/2/2020). Untuk saat ini sistem ETLE untuk pengendara sepeda motor fokus pada penindakan tiga pelanggaran, yakni penggunaan helm, menerobos traffic light, dan melanggar marka jalan. Penerapan aturan tersebut telah resmi diberlakukan mulai Sabtu (1/2/2020).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski memakai riding gear pengendara sepeda motor tetap berisiko terpapar Covid-19. Karena itu peralatan berkendara yang dipakai di ruang terbuka mesti lebih sering dicuci atau dibersihkan.

Johanes Lucky, Manager Safety Riding Astra Honda Motor ( AHM), mengatakan, tidak ada patokan kapan riding gear mesti dibersihkan, tapi sebaiknya untuk pencegahan maka sesering mungkin.

Baca juga: Knalpot Racing Kawasaki ZX-25R Harganya Setara dengan Nmax

Jaket Motor YellowcornFoto: Istimewa Jaket Motor Yellowcorn

" Riding gear ganti tiap hari, apalagi yang sering terpapar di luar ruangan terutama yang komuter, karena kita tidak tahu berinteraksi dengan siapa saja," kata Lucky dalam telekonferensi, Selasa (4/8/2020).

Lucky berpendapat hal itu sejalan dengan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah, yaitu pakai masker, mencuci tangan, dan jaga jarak. Artinya barang yang dipakai yaitu riding gear juga lebih sering dibersihkan.

Pilih sarung tangan yang aman dan nyaman digunakan. maximomoto.com Pilih sarung tangan yang aman dan nyaman digunakan.

"Untuk amannya frekwensinya lebih sering, sama seperti cuci tangan, dulu mungkin jarang sekarang lebih sering," katanya.

Baca juga: Marquez Opname Dua Hari, Absen Lagi di MotoGP Brno?

Selain sering dibersihkan, Lucky mengingatkan untuk lebih perhatian pada cara penyimpanan riding gear saat di parkiran. Usahakan punya kantung atau tes penyimpanan agar riding gear tetap steril.

"Kita perlu tas riding gear, biasanya (helm/jaket) kan ditaruh di motor (setang/spion), padahal kita tidak tahu siapa yang pegang. Bahkan kalau diperlukan kita bawa perlengkapan makan dan ibadah pribadi," katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X