Plus Minus Motor Kopling Kering dan Kopling Basah

Kompas.com - 04/08/2020, 18:10 WIB
Kopling pada sepeda motor juga perlu dirawat secara rutin IstimewaKopling pada sepeda motor juga perlu dirawat secara rutin

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada umumnya, sepeda motor memiliki dua jenis kopling yang umum dipakai, yaitu kopling basah dan kopling kering. Tiap pabrikan juga memiliki alasan tersendiri menggunakan jenis kopling tersebut.

Tidak hanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Baik kopling basah maupun kopling kering memiliki kekurangan dan kelemahannya masing-masing. Lantas, mana yang lebih unggul?

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, Ribut Wahyudi, menjelaskan, baik kopling kering maupun kopling basah sebetulnya sama saja. Hanya saja terdapat sedikit perbedaan dari segi perawatan.

Baca juga: Ganjil Genap Berlaku Lagi, Penjualan Mobil Bekas Tahun Tua Diprediksi Meningkat

Pengguna motor dengan kopling kering harus melakukan pembersihan secara rutin, seperti contohnya di motor matik.

satu set perangkat kopling yang sudah mengalami kerusakan.Ghulam/Otomania satu set perangkat kopling yang sudah mengalami kerusakan.

"Berbeda dengan kopling basah, yang sisa kotoran akibat gesekan koplingnya menyatu dengan oli mesin. Untuk itu, mesin pada motor kopling basah dilengkapi dengan saringan oli," ujar Ribut saat dihubungi Kompas.com, Senin (3/8/2020)

Meski demikian, keduanya tetap membutuhkan perawatan. Untuk kopling basah, ada biaya yang harus dikeluarkan untuk mengganti saringan oli. Sedangan untuk kopling kering, harus dibersihkan secara manual.

Baca juga: Ini Calon Penampakan Harley Buatan China

Kopling kering juga bisa membuat mesin lebih bertenaga, sebab putarannya lebih ringan dan tidak terjadi lost rotasi akibat pelumas,” kata Ribut.

Namun, menurut Ribut, motor dengan kopling kering menghasilkan suara kasar dibagian mesin.

"Berbeda dengan kopling basah yang suara mesinnya lebih halus, karena perputaran kopling terlumasi oli," tuturnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X