Sepele Tapi Berbahaya, Jari Stand By pada Tuas Kopling

Kompas.com - 04/08/2020, 07:42 WIB
Ekspedisi Nusantara 2014 menggunakan Honda Verza, New  MegaPro FI dan CB150R StreetFire. AHMEkspedisi Nusantara 2014 menggunakan Honda Verza, New MegaPro FI dan CB150R StreetFire.

JAKARTA, KOMPAS.comKopling manual pada sepeda motor biasa terletak di sisi kiri setang. Biasanya kopling manual ini disertakan pada motor sport. Namun ada satu kebiasaan pengendara motor kopling manual yang harus ditinggalkan, yaitu jari tangan kiri yang kerap stand by alias nangkring di tuas kopling.

Semestinya, kopling manual hanya digunakan saat ingin mulai berjalan, memindah gigi, saat ingin berhenti, saat berkendara pelan dan memerlukan kontrol kopling dan saat macet. Selain kondisi tadi, tangan jangan stand by di tuas kopling.

Trainer Yamaha Riding Academy On Road dan Off Road, Setyo Suyarko mengatakan, ada beberapa orang yang kalau kaget dengan kondisi di depan motor, refleks apa yang ada di tangan langsung ditarik, ini yang bisa berbahaya.

Baca juga: Pemilik Mobil Matik, Begini Cara Menghadapi Turunan

Test ride Honda CMX500 RebelOtomania/Setyo ADi Test ride Honda CMX500 Rebel

“Jika saat mengerem dan kopling ditarik, motor jadi los, tidak ada engine brake. Padahal, rem yang optimal itu menggunakan rem depan dan belakang dibantu dengan engine brake,” kata Setyo kepada Kompas.com, Senin (3/8/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian jika kebiasaan menarik kopling ini juga berbahaya jika dilakukan saat motor berbelok. Selain motor terasa los karena tidak ada engine brake, cengkraman ban akan berkurang karena putaran mesin yang terlalu rendah.

Baca juga: Ada Masalah Fuel Pump, Toyota Recall Kijang Innova dan Fortuner

“Teknik berbelok itu mengurangi gigi dan mengerem sebelum melakukan manuver. Jadi saat berbelok sudah dalam kecepatan yang aman, tinggal kontrol sepeda motornya saja,” ucap Setyo.

Tangan kiri yang stand by di tuas kopling juga secara tidak sengaja membuat kopling bekerja. Jika dibiarkan, lama-kelamaan kopling bisa cepat habis dan hangus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.