Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harley Rancang Sistem Keseimbangan Mandiri, Anti-Jatuh buat Pemula

MILWAUKEE, KOMPAS.com - Bobot berat membuat pengendalian Harley-Davidson seimbang di kecepatan rendah. Tapi jika jatuh, maka pengendara akan sulit membangunkan sepeda motor karena berat.

Melalui paten yang bocor, H-D diketahui sedang mengembangkan teknologi self balancing, atau teknologi yang dapat membuat motor tetap seimbang atau tidak jatuh meski dalam kecepatan rendah.

Sistem ini akan sangat berguna untuk para pengendara baru. Sebab motor-motor H-D sebagian besar punya jarak wheelbase panjang dengan tempat duduk rendah, sehingga susah mengontrol di kecepatan rendah.

H-D mengatakan teknologi keseimbangan mandiri ini mampu membuat motor lebih seimbang saat ada momen tertentu. Serta berguna jika motor berhenti sebentar tanpa perlu menurunkan kaki seperti di lampu merah.

Sistem keseimbangan mandiri H-D ini menggunakan perangkat giroskop dengan roda gila yang cukup berat. Sistem akan bekerja saat motor berada dalam kecepatan atau rpm rendah.

Cara kerjanya ialah giroskop membaca kemiringan motor saat kecepatan rendah dan memutar motor listrik pada roda gila, yang menghasilkan gaya anti gravitasi.

Sistem keseimbangan tersebut akan berhenti berkerja saat motor sudah memasuki kecepatan tinggi. Keseimbangan dikembalikan pada gaya alamiah yang terjadi saat motor bergerak maju.

Adapun pada kecepatan tinggi sistem keseimbangan itu akan berhenti bekerja. Keseimbangan dikembalikan pada efek giroskop alamiah ketika roda berputar.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/28/150200215/harley-rancang-sistem-keseimbangan-mandiri-anti-jatuh-buat-pemula

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke