Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Skutik Bekas yang Laris di Tengah Pandemi Covid-19

Kompas.com - 04/05/2020, 15:02 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar sepeda motor bekas merupakan salah satu sektor yang terpukul pandemi Covid-19. Mengakibatkan pedagang motor seken memilih untung sedikit ketimbang tidak laku.

Yosia Hermanto, pedagang motor bekas dari showroom Talenta Motor, di Jakarta, mengatakan, menjual dengan harga miring agar motor lekas terjual ketimbang lama mengendap di diler.

Baca juga: Daftar Harga Skutik Bongsor Jelang Lebaran

"Kita pakai online juga, jual harga miring. Seperti kemarin itu kebetulan Yamaha Xmax, ada lebih sedikit ya sudah jual saja. Motornya juga kelewat gede, disimpan juga makan tempat," katanya kepada Kompas.com belum lama ini.

Yosia mengatakan beberapa model yang bisa cepat terjual, yaitu skutik yang harganya cukup terjangkau. Sehingga mayoritas ialah skutik-skutik entry level.

Yamaha NMAX di IIMS 2017.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Yamaha NMAX di IIMS 2017.

"Skutik yang cepat laku biasanya keluaran Honda, seperti BeAT CBS, Vario 125, dan Vario 150," katanya.

Baca juga: Harga Motor Bebek Honda Super Cub C125 Tembus Rp 72 Jutaan

Selain harga katanya, desain juga berpengaruh. Wira Gunawan, dari diler Wira Mandiri Motor di bilangan Depok, Jawa Barat, mengatakan, tak hanya Honda, tapi skutik bekas Yamaha juga masih banyak dicari.

"Nmax masih banyak yang cari bekasnya, mungkin karena lebih terjangkau dibanding harga barunya. Untuk tahun 2018, pasarannya masih Rp 22 jutaan," kata Wira.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com