Tak Ada Penyekatan Jalan, Polisi Siap Antisipasi Arus Mudik Idul Adha

Kompas.com - 25/07/2020, 12:22 WIB
 Ilustrasi Tol Cipali saat dipakai pemudik musim lebaran 2019 KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Ilustrasi Tol Cipali saat dipakai pemudik musim lebaran 2019
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam rangka menyambut Idul Adha 1441 yang jatuh pada Jumat 31 Juli 2020, kepolisian siap mengantisipasi adanya lonjakan arus kendaraan pemudik pada pekan depan.

Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Rudi Antariksawan, memastikan tidak akan melakukan penyekatan jalur mudik Idul Adha, seperti halnya pada saat Idul Fitri yang lalu.

Bersama rombongan Korlantas Polri, Rudi telah memantau jalur mudik arteri dan jalan tol dari Jakarta hingga Jawa Timur menjelang Idul Adha, sejak Kamis (23/7/2020).

Baca juga: Bensin Campur Kapur Barus Bisa Dongkrak Oktan, Mitos atau Fakta?

Petugas kepolisian mengarahkan kendaraan pribadi yang melintas di tol Jakarta-Cikampek untuk keluar melalui pintu tol Cikarang Barat 3, Jawa Barat, Kamis (21/5/2020). Pengalihan tersebut sebagai upaya penyekatan gelombang pemudik jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah.ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI Petugas kepolisian mengarahkan kendaraan pribadi yang melintas di tol Jakarta-Cikampek untuk keluar melalui pintu tol Cikarang Barat 3, Jawa Barat, Kamis (21/5/2020). Pengalihan tersebut sebagai upaya penyekatan gelombang pemudik jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah.

Menurutnya, pengecekan jalur perlu dilakukan lantaran Idul Adha 1441 jatuh pada hari Jumat. Kondisi ini membuat hari libur panjang, yakni Jumat, Sabtu, dan Minggu.

“Kami prediksi masyarakat akan memanfaatkan tiga hari tersebut untuk silaturahmi, wisata, dan bepergian. Tentu banyak yang akan menggunakan jalur tol ini. Pasti akan ada peningkatan atau lonjakan arus lalu lintas” ujar Rudi, dalam keterangan tertulis (24/7/2020).

“Insya Allah kami dengan stakeholder yang ada siap untuk mengantisipasi, baik itu arus yang kami prediksi H-1 Idul Adha, kemudian baliknya tanggal 2 Agustus 2020,” katanya.

Baca juga: Begini Cara Memanfaatkan Shift Lock pada Mobil Matik

Tingginya antusiasme pemudik untuk melewati Jalan Tol Trans Jawa terlihat dari meningkatnya volume lalu lintas di Gerbang Tol (GT) KalikangkungDok. Jasa Marga Tingginya antusiasme pemudik untuk melewati Jalan Tol Trans Jawa terlihat dari meningkatnya volume lalu lintas di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung

Rudi menambahkan, pihaknya akan mengantisipasi kepadatan gerbang tol yang menjadi favorit sejumlah warga yang melakukan perjalanan.

Di antaranya, gerbang Tol Ngawi merupakan gerbang tol perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta Gerbang Tol Colomadu yang merupakan gerbang tol dari arah Jakarta maupun Semarang menuju Yogyakarta.

“Namun hal tersebut sudah dapat diantisipasi dengan pembukaan delapan gate ditambah mobile rider sehingga sudah dapat diantisipasi,” ucap Rudi.

"Semua sudah kami koordinasikan dengan seluruh stakeholder dan kami terus bersinergi untuk melakukan kegiatan dalam membantu masyarakat kita,” tuturnya.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X