Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tak Ada Penyekatan Jalan, Polisi Siap Antisipasi Arus Mudik Idul Adha

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam rangka menyambut Idul Adha 1441 yang jatuh pada Jumat 31 Juli 2020, kepolisian siap mengantisipasi adanya lonjakan arus kendaraan pemudik pada pekan depan.

Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Rudi Antariksawan, memastikan tidak akan melakukan penyekatan jalur mudik Idul Adha, seperti halnya pada saat Idul Fitri yang lalu.

Bersama rombongan Korlantas Polri, Rudi telah memantau jalur mudik arteri dan jalan tol dari Jakarta hingga Jawa Timur menjelang Idul Adha, sejak Kamis (23/7/2020).

Menurutnya, pengecekan jalur perlu dilakukan lantaran Idul Adha 1441 jatuh pada hari Jumat. Kondisi ini membuat hari libur panjang, yakni Jumat, Sabtu, dan Minggu.

“Kami prediksi masyarakat akan memanfaatkan tiga hari tersebut untuk silaturahmi, wisata, dan bepergian. Tentu banyak yang akan menggunakan jalur tol ini. Pasti akan ada peningkatan atau lonjakan arus lalu lintas” ujar Rudi, dalam keterangan tertulis (24/7/2020).

“Insya Allah kami dengan stakeholder yang ada siap untuk mengantisipasi, baik itu arus yang kami prediksi H-1 Idul Adha, kemudian baliknya tanggal 2 Agustus 2020,” katanya.

Rudi menambahkan, pihaknya akan mengantisipasi kepadatan gerbang tol yang menjadi favorit sejumlah warga yang melakukan perjalanan.

Di antaranya, gerbang Tol Ngawi merupakan gerbang tol perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta Gerbang Tol Colomadu yang merupakan gerbang tol dari arah Jakarta maupun Semarang menuju Yogyakarta.

“Namun hal tersebut sudah dapat diantisipasi dengan pembukaan delapan gate ditambah mobile rider sehingga sudah dapat diantisipasi,” ucap Rudi.

"Semua sudah kami koordinasikan dengan seluruh stakeholder dan kami terus bersinergi untuk melakukan kegiatan dalam membantu masyarakat kita,” tuturnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/25/122200215/tak-ada-penyekatan-jalan-polisi-siap-antisipasi-arus-mudik-idul-adha

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke