3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengemudi di Jalan Tol

Kompas.com - 24/07/2020, 08:12 WIB
Suasana di jalan Tol Dalam Kota arah Grogol dari Semanggi setelah dibuka kembali pada Kamis (26/9/2019) pagi. Dokumentasi PT Jasa Marga (Persero)Suasana di jalan Tol Dalam Kota arah Grogol dari Semanggi setelah dibuka kembali pada Kamis (26/9/2019) pagi.
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan tol didesain sebagai jalur bebas hambatan. Cara mengemudi di jalan tol berbeda dari jalan raya atau jalan umum. Oleh karena itu, memahami aturan yang ada merupakan suatu kewajiban.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, ada tiga kesalahan yang kerap dilakukan orang Indonesia saat mengemudi di jalan tol.

Baca juga: Kenapa Perintah Suara DFSK Glory i-Auto Belum Berbahasa Indonesia?

"Orang di Indonesia dalam penggunaan lajur ini sering salah. Bahu jalan dipakai menyalip, lajur cepat tapi kecepatan konstan. Ketiga, pindah jalur secara kasar saat mau masuk gerbang tol," kata Jusri kepada Kompas.com, belum lama ini.

Pengemudi menunggu berakhirnya ganjil genap di bahu jalan tol.Istimewa Pengemudi menunggu berakhirnya ganjil genap di bahu jalan tol.

1. Bahu jalan

Meskipun bisa dilalui, bahu jalan tol tidak bisa digunakan sembarangan. Penggunaannya hanya boleh untuk sesuatu yang bersifat darurat, dan hanya diperbolehkan untuk petugas berwenang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Aturan ini sudah dibakukan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol. Dalam peraturan tersebut, tertulis jelas peruntukan jalan tol, khususnya pada pasal 41 ayat 2.

Penggunaan bahu jalan diatur sebagai berikut:

a. Digunakan bagi arus lalu lintas pada keadaan darurat.

b. Diperuntukkan bagi kendaraan yang berhenti darurat.

c. Tidak digunakan untuk menarik/menderek/mendorong kendaraan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.