Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Fungsi Busi dengan Elektroda Tiarap

JAKARTA, KOMPAS.com - Walaupun ukurannya kecil, tapi busi pada kendaraan bermotor memiliki fungsi yang vital. Tak banyak yang paham pada komponen ini terdapat banyak fitur yang disematkan khusus untuk kebutuhan masing-masing kendaraan.

Jadi, sebenarnya anggapan bahwa semua busi sama saja itu perlu diluruskan. Contohnya, pada busi NGK Iridium IX BR9ECMIX & BR8ECM. Pada kedua busi tersebut, bagian elektroda ground-nya terlihat berbeda dari busi pada umumnya.

Yaumil Ichsan, Technical Support PT NGK Busi Indonesia, menjelaskan, apabila biasanya elektroda ground berbentuk ‘J’, maka di busi ini tingkat sudut kemiringan elektroda ground-nya jauh lebih menunduk. Bahkan, apabila diamati dari samping, elektroda pusatnya menjadi hampir tidak terlihat.

“Penggunaan desain ‘tiarap’ tersebut tidak lepas dari peruntukan kendaraan busi ini, yaitu mesin motor 2-tak dengan performa tinggi seperti motor balap atau motor trail,” kata Ichsan.

Ichsan menambahkan, sifat mesin 2-tak cenderung lebih panas. Hal tersebut diakibatkan oleh siklus pembakaran campuran oli samping, bensin, dan udara yang menyisakan deposit karbon di ruang bakar. Kombinasi itu semua membuat temperatur busi menjadi lebih tinggi.

"Maka itu, diperlukan desain busi khusus seperti elektroda ground tiarap untuk mendinginkan busi agar tidak mudah meleleh,” ujar Ichsan.

Menurut Ichsan, dengan semakin pendek dimensi elektroda ground busi, maka akan semakin tinggi pula ketahanan busi tersebut pada saat memperoleh getaran dan guncangan yang cukup hebat.

"Contohnya, saat kendaraan tersebut digunakan di kondisi ekstrem, seperti sirkuit balap maupun motocross. Sehingga, resiko elektroda busi patah bisa diminimalisir," kata Ichsan.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/22/162100115/mengenal-fungsi-busi-dengan-elektroda-tiarap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke