Operasikan Mobil Transmisi Matik Cukup Pakai Satu Kaki

Kompas.com - 22/07/2020, 14:22 WIB
Rem mobil matik Stanly/OtomaniaRem mobil matik
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil transmisi matik dibuat agar lebih praktis. Untuk kota besar yang macet, mobil matik disukai karena tidak perlu injak kopling sehingga kerja kaki lebih ringan.

Karena tidak ada pedal kopling, praktis mobil matik hanya memiliki dua pedal, yakni pedal gas dan rem. Meski begitu, hal ini bisa jadi peluang bahaya bagi pengemudi yang biasa menggunakan kedua kaki.

Baca juga: Sudah Tahu Arti Angka pada Tutup Radiator Mobil?

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan, mengatakan saat mengemudikan mobil, posisi kaki yang benar adalah kaki kanan saja yang bekerja untuk mengontrol rem dan gas.

Tuas transmisi mobil matik Tuas transmisi mobil matik

"Beranjak pada kaki di mobil manual, di mana kaki kanan mengoprasikan pedal gas dan rem, sementara kaki kiri di pedal kopling," kata Marcell kepada Kompas.com, belum lama ini.

Marcell mengatakan, mengendalikan mobil matik cukup pakai kaki kanan karena lebih aman. Apabila pakai dua kaki, maka ada kemungkinan saat mengerem kaki kanan masih bisa

Baca juga: Ada Dua Skuter Listrik Baru Mau Dipajang di IIMS Motobike Showmenginjak pedal gas.

"Jika kaki kiri sudah memiliki kebiasaan untuk menginjak dengan cepat seperti menginjak kopling, maka berbahaya bila kaki kiri di rem," katanya.

“Bisa saja kita menginjak pedal rem seperti kita menginjak pedal kopling, sehingga menyebabkan mobil berhenti mendadak dan mengalami tabrak belakang,” kata Marcell.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X