Tips bagi yang Mau Belajar Naik Motor Kopling

Kompas.com - 22/07/2020, 14:01 WIB
Polantas mengatur pengendara sepeda motor untuk berhenti di ruang henti yang diberi tanda jaga jarak di kawasan Jalan Baru, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat (17/7/2020). Polresta Tangerang dan Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang memberikan tanda jarak di persimpangan tersebut untuk membatasi jarak antar pengendara guna mencegah penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/FAUZANPolantas mengatur pengendara sepeda motor untuk berhenti di ruang henti yang diberi tanda jaga jarak di kawasan Jalan Baru, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat (17/7/2020). Polresta Tangerang dan Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang memberikan tanda jarak di persimpangan tersebut untuk membatasi jarak antar pengendara guna mencegah penyebaran COVID-19.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu rujukan belajar naik sepeda motor skutik karena praktis, tinggal gas, motor langsung jalan. Berbeda dari motor '' batangan'' atau motor sport yang memakai kopling manual.

Cara mengoperasikan motor kopling berbeda dari skutik atau bebek. Salah satunya karena pengendara harus menekan tuas kopling di bagian kiri setang saat pindah gigi dan ketika motor baru mulai jalan.

Baca juga: Sudah Tahu Arti Angka pada Tutup Radiator Mobil?

Agus Sani, Head of Safety Riding Wahana, main dealer motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang, mengatakan, buat pemula yang memakai motor kopling harus mengerti penggunaan kopling di motor.

Kopling pada sepeda motor juga perlu dirawat secara rutinIstimewa Kopling pada sepeda motor juga perlu dirawat secara rutin

" Kopling berfungsi untuk memutus dan menyambung putaran mesin menuju transmisi, dan memudahkan saat pindah gigi," kata Agus kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Agus mengatakan, untuk pemula ada lima langkah pengoperasian motor kopling. Berikut caranya:

- Engine on dengan posisi gigi netral

- Tarik tuas kopling

- Pindahkan persneling ke posisi 1

- Putar gas secara perlahan

- Buka kopling secara perlahan hingga sepeda motor

Agus mengatakan, ada dua kesalahan yang kerap dilakukan pengendara motor kopling. Dua kesalahan itu bukan cuma dilakukan pemula, melainkan juga oleh mereka yang sudah biasa memakai motor kopling.

Kesalahan pertama yang sering dilakukan oleh pengendara motor kopling adalah ketika motor berjalan, jari tangan mereka selalu standby pada tuas kopling,

Kesalahan kedua, kata Agus, yaitu saat berbelok atau menikung pengendara menarik tuas kopling. Padahal, cara tersebut membuat sepeda motor menjadi los sehingga menyulitkan keseimbangan.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X