Napas Honda Jazz Berakhir di AS

Kompas.com - 21/07/2020, 08:42 WIB
All New Honda Jazz atau Fit punya 5 varian Azwar Ferdian/Kompas.comAll New Honda Jazz atau Fit punya 5 varian

JAKARTA, KOMPAS.comHonda Fit atau Jazz kabarnya akan berhenti dijual di Amerika Serikat. Kabar kepergian Jazz sebetulnya sudah terbaca sejak Honda tidak mengenalkan model generasi terakhir, yang melakukan debut pada Tokyo Motor Show 2019.

Generasi baru Honda Fit kabarnya sama sekali tak terdengar di Amerika Serikat, sementara hatchback tersebut telah dipasarkan di Jepang dan Eropa.

Dilansir dari Automotive News, sejumlah model Honda dipastikan tak akan mengaspal lagi di Negeri Paman Sam. Mobil tersebut di antaranya Fit, Civic Coupe, dan Accord bertransmisi manual.

Baca juga: Pasang Sekat Partisi di Avanza dan Sejenis, Mengganggu Posisi Duduk

Honda Jazz generasi keempat resmi dipasarkan di Cinapaultan.org Honda Jazz generasi keempat resmi dipasarkan di Cina

Untuk menyeimbangkan pasar setelah Fit meninggalkan pasar, Honda Amerika Serikat akan mengandalkan penjualan pada HR-V dan Civic Hatchback yang menjadi produk entry level di sana.

Kabarnya penjualan di segmen SUV yang dihuni HR-V cukup menjanjikan. Sementara di segmen hatchback, rupanya Civic hatchback bisa lebih laku dari Fit, dengan perbandingan 2:1.

Honda menyatakan bahwa mengalihkan sebagian investasi kepada HR-V dan Civic Coupe ketimbang kepada Fit, dapat memberikan keuntungan lebih baik.

Baca juga: Pakai Stiker TNI di Pelat Nomor, Ini Aturan Hukumnya

Honda Jazz GD3, jadi model termurah saat iniwikipedia.org Honda Jazz GD3, jadi model termurah saat ini

Untuk diketahui, Honda mulai memasarkan Fit di pasar Amerika Serikat sejak 2006 silam. Namun sampai tahun 2020, belum ada tanda-tanda bahwa kembaran Jazz ini bakal mendapatkan penyegaran.

Sementara itu soal berhenti diproduksinya Civic Coupe, kabarnya disebabkan karena performa penjualan yang menurun.

Masih dari laporan Automotive News, Fit varian hatchback ternyata bisa berkontribusi hingga 24 persen sejak Civic dijual pada 2016. Sedangkan varian coupe harus turun dari 16 persen menjadi 6 persen pada periode yang sama.

Baca juga: Skuter Listrik MAB Sudah Ditunggu Aplikator Ojol dan Pemda

 

Honda Civic Hatchback RSHPM Honda Civic Hatchback RS

Tak berhenti sampai di situ, Honda juga mengatakan bakal menghentikan penjualan Accord, khusus yang bertransmisi manual.

Hal ini dilakukan karena sampai dengan Desember 2019, hanya ada 1-2 persen konsumen yang memilih transmisi manual tersebut.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X