Rossi Ungkap Alasan Tak Bisa Kencang Saat Latihan Bebas MotoGP Spanyol

Kompas.com - 18/07/2020, 12:41 WIB
Valentino Rossi saat sesi latihan bebas MotoGP Spanyol (17/7/2020) JAVIER SORIANO / AFPValentino Rossi saat sesi latihan bebas MotoGP Spanyol (17/7/2020)
|

JAKARTA, KOMPAS.comValentino Rossi mendapatkan hasil yang kurang memuaskan pada sesi latihan bebas MotoGP Spanyol, Jumat (17/7/2020). Pebalap tim Monster Energy Yamaha mengaku kesulitan karena memiliki masalah terhadap temperatur Sirkuit Jerez, Spanyol.

Pada ajang latihan bebas pertama itu, Rossi tercatat hanya memapu menjadi pembalap tercepat urutan ke-13. Rossi hanya sedikit puas dengan capaian tersebut, lantaran bisa mendekati 10 besar.

Sementara pada latihan bebas kedua, cuaca di Sirkuit Jerez rupanya semakin panas. Hal ini berdampak pada peforma Rossi yang terus melorot ke posisi 20.

Baca juga: Ini Jenis Pelanggaran yang Diincar Polisi Saat Operasi Patuh Jaya 2020

Valentino RossiFoto: TIZIANA FABI AFP Valentino Rossi

Panasnya kondisi aspal di Sirkuit Jerez ternyata amat mempengaruhi performa motor. Daya cengkeram ban belakang YZR-M1 yang ditunggangi Rossi disebut berkurang.

Sebab daya cengkeram ban menurun, praktis kecepatan yang bisa diraih pebalap asal Italia itu pun tidak bisa maksimal.

“Kemarin adalah hari yang sulit, saat pagi hari cuaca masih cukup adem, saya bisa mendapat catatan waktu pebalap tercepat,” ucap Rossi, seperti dilansir dari YamahaMotoGP.

Baca juga: Pajero Sport Edisi Mewah Menyapa Fortuner Legender

Valentino Rossi saat sesi latihan bebas MotoGP Spanyol (17/7/2020).JAVIER SORIANO / AFP Valentino Rossi saat sesi latihan bebas MotoGP Spanyol (17/7/2020).

“Namun saat sore hari cuaca semakin buruk, saya berjuang dengan grip ban belakang seadanya. Suhu panas ini benar-benar membuat saya menderita,” katanya.

Rossi menambahkan, saat sesi kualifikasi ia akan mencoba lebih kompetitif dengan memilih kembangan ban yang pas dan meningkatkan kestabilan motor.

“Sejujurnya saya tidak tahu apa yang harus diperbaiki lagi, tapi kami harus menemukannya, karena esok pagi akan sangat penting untuk tetap berada di 10 besar pada babak kualifikasi,” ujar Rossi.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X