Bisakah Mendeteksi Masalah pada Airbag Sejak Dini?

Kompas.com - 16/07/2020, 10:22 WIB
Airbag ditanam pada dashboard Sigra. KompasOtomotif-Donny AprilianandaAirbag ditanam pada dashboard Sigra.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kantong udara alias airbag merupakan salah satu fitur keselamatan pasif yang sudah hampir menjadi standar pada mobil baru. Secara fungsi, sudah tentu berguna untuk melindungi pengendara dan penumpang ketika terjadi benturan atau tabrakan.

Meski airbag baru bekerja ketika terjadi benturan, tapi seiring jalannya waktu ternyata pemilik mobil juga perlu memperhatikan kondisinya. Kondisi ini penting untuk memastikan bila airbag  siap bekerja saat dibutuhkan.

“Pada dasarnya memang tidak ada perawatan khusus atau rutin untuk airbag karena termasuk dalam komponen statis dan standby yang dalam kondisi tertentu baru bekerja,” ujar Suparman, Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso kepada Kompas.com.

Baca juga: Kompartemen Apa Saja yang Ada di Bodi Bus?

Lantas, bagaimana cara mendeteksi masalah pada airbag?

Indikator speedometer Ertiga SHVShttp://overdrive.in Indikator speedometer Ertiga SHVS

Menurut Suparman, pengecekan bisa dilakukan dengan memantau indikator airbag yang tertera di instrumen cluster pada speedometer.

Biasanya saat kunci dalam posisi “on” ketika akan menghidupkan mobil semua indikator akan lebih dulu menyala selama beberapa detik.

Baca juga: Atur Posisi Berkendara yang Nyaman Saat Naik Motor

Bila dalam beberapa detik indikator airbag tidak kunjung padam atau terus menyala, pemilik mobil wajib curiga. Kemungkinan besar ada masalah pada komponen atau hanya sekedar kelistrikan, namun disarankan untuk segera mengunjungi bengkel resmi terdekat.

Umumnya indikator airbag akan menyala selama 10 detik, kalau terus tidak menyala dikhawatirkan ada malfungsi pada sistemnya. Ini menjadi indikasi awal untuk selanjutnya dilakukan pengecekan kebengkel resmi.

“Sebab, jika dibiarkan saja bisa terjadi masalah lain atau membuat airbag tidak bisa bekerja ketika terjadi benturan,” kata Suparman.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X